13/01/19

Minggu, 13/1/2019

  • Bacaan: Kejadian 37-39; Markus 9-11
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB dan PL: Kejadian 39:1-23; Markus 9:17-37

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Yusuf begitu setia kepada Tuhan sehingga semua pekerjaan yang dilakukannya penuh dengan berkat. Yusuf yang masih muda itu pun memiliki kualitas moral yang begitu kuat sehingga ia mampu lari dari godaan seksual yang datang kepadanya. Selanjutnya meskipun Yusuf difitnah dan dimasukkan ke penjara, ia tidak bersungut-sungut. Yusuf percaya bahwa Allah berdaulat dan mengasihi dia. Akhirnya di penjara pun Yusuf menjadi berkat yang luar biasa.

 

Renungan PB:

Karena murid-murid tidak mengerti tentang penderitaan, mereka terlibat dalam pertengkaran tentang siapakah yang terbesar. Demikian pula, sangatlah berbahaya kalau kita mengikuti Tuhan tanpa mengerti prinsip salib. Kita baru dapat mengikuti Yesus bila kita telah mendapatkan pencerahan tentang salib. Bila kita mati terhadap ego, kita pun tidak akan bertengkar tentang posisi.

2019-10-12T10:04:19+07:00