13/02/19

Rabu, 13/2/2019

  • Bacaan: Bilangan 13-15; Roma 13-15
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

Pendalaman PL: Bilangan 13:1-33

Temukan perbedaan respons antara kedua pengintai dan kesepuluh pengintai pada saat mengintai tanah perjanjian (tanah Kanaan).

Renungan PL:

Ketika Tuhan menyuruh Musa mengutus ke-12 pengintai ke tanah Kanaan, mereka memberikan laporan yang berbeda tentang apa yang mereka lihat. Sepuluh pengintai yang membawa kabar buruk dan ketakutan menggambarkan orang yang tidak memiliki iman. Mereka melihat begitu besarnya tantangan yang akan mereka hadapi dan betapa mengerikannya musuh-musuh mereka, serta betapa tidak berdayanya mereka menghadapi musuh-musuh mereka. Sebaliknya, kedua pengintai yang pulang dengan antusias menggambarkan orang yang beriman, yang walau melihat kenyataan betapa besarnya tantangan yang dihadapi, tetap dapat melihat dengan mata iman pada betapa berlimpahnya tanah perjanjian serta betapa besarnya kuasa Allah yang menyertai mereka untuk merebut tanah tersebut. Akhirnya, memang hanya kedua pengintai inilah yang mewarisi tanah perjanjian; semua yang lain, yang tidak percaya kepada janji Allah, menjadi binasa dan gagal memasuki tanah perjanjian.

2019-10-12T09:58:52+07:00