//13/06/18 – Senantiasa tekun dan bertumbuh menjadi dewasa

13/06/18 – Senantiasa tekun dan bertumbuh menjadi dewasa

Rabu, 13/06/2018

SENANTIASA TEKUN DAN BERTUMBUH MENJADI DEWASA

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus
Ibrani 5:11-6:12

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus
1. Peringatan apakah yang diberikan dalam Ibrani 5:11-14? Mengapa orang-orang Kristen Yahudi belum bisa menjadi pengajar? Mengapa banyak orang masih membutuhkan susu dan bukan makanan keras? Bagi siapakah makanan keras itu diperuntukkan?
2. Hal apakah yang harus ditinggalkan agar dapat bertumbuh ke arah kepenuhan Kristus? Apa alasan perintah tersebut diberikan? (Ibr. 6:1-6)
3. Perumpamaan apakah yang diberikan sebagai pelajaran dan respons apakah yang harus kita lakukan? (Ibr. 6:7-11)

Pengajaran
Jika kita membaca Firman Tuhan ini tanpa mengerti latar belakang budaya Yahudi, kita akan bingung. Mengapa? Karena kepada orang-orang Yahudilah Allah berjanji untuk mengirimkan Mesias datang ke dalam dunia. Dalam peringatan ini, orang-orang Yahudi yang hanya mengenal Yesus secara pengetahuan tanpa mengalami pertobatan sejati diberi peringatan yang keras bahwa jika mereka menolak Mesias Allah, berarti mereka telah menolak keselamatan yang telah dijanjikan Allah kepada mereka. Itulah sebabnya peringatan ini diberikan. Sebagai bukan orang Yahudi, kita tidak pernah mendengar tentang Mesias Allah yang disampaikan dari waktu ke waktu sejak zaman dahulu, sehingga kita tidak termasuk dalam peringatan ini. Meskipun demikian, kita harus tetap waspada terhadap peringatan Tuhan ini. Mengapa? “Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang. Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya.”

2019-10-12T10:37:54+07:00