//13/12/13 – Diperintah oleh shalom

13/12/13 – Diperintah oleh shalom

Jumat, 13 Desember 2013

DIPERINTAH OLEH SHALOM

Bacaan Firman
Bacalah Kolose 3:15-17 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Karena kita adalah satu tubuh, apa yang harus terjadi dalam hati kita? (ayat 15). Lalu, apa yang harus dilakukan dalam pertemuan (ibadah) sesama anggota tubuh? (ayat 16).
2. Bagaimanakah cara hidup anggota-anggota tubuh Kristus sehari-hari? (ayat 17)

Banyak orang Kristen merasa sulit untuk membangun hubungan, baik dalam komsel, gereja lokal, maupun dengan sesama dalam hidup sehari-hari. Apa penyebabnya? Bila kita melihat urut-urutan Kolose 3:15-17, dimulai dari ayat 15 tentang “hati yang diperintah oleh damai sejahtera,” maka kita akan menemukan jawabannya. Ternyata, kunci dari segala hubungan di dalam hidup ini tergantung sepenuhnya dari hati/ pikiran kita. Hati/ pikiran yang tidak diperintah oleh damai sejahtera (shalom) adalah hati/ pikiran yang terdisintegrasi (berantakan). Penelitian tentang otak membuktikan bahwa bila prefrontal cortex tidak dikendalikan oleh damai sejahtera (ketenangan), maka ia tidak mampu menghubungkan (mengintegrasikan) seluruh unsur otak, tubuh, dan unsur-unsur lainnya, untuk menghasilkan perbuatan-perbuatan kasih. Akibatnya, hidup kita akan kacau balau. Penelitian tentang otak ini membuktikan bahwa orang-orang yang suka berdoa, prefrontal cortexnya jauh lebih tebal. Prefrontal cortex adalah bagian otak yang menyatukan semua unsur otak (kiri, kanan, depan, belakang, atas, bawah, sadar, tidak sadar). Bagian ini menyatukan akal budi kita dengan roh kita, serta tubuh kita dengan roh kita. Prefrontal cortex kita seperti general manager yang mengintegrasikan semua bagian (departemen-departemen) di dalam sebuah perusahaan, untuk menghasilkan pekerjaan-pekerjaan yang produktif, sesuai dengan harapan presiden direktur (roh), dan pemegang saham/ pemilik (Tuhan). General manager akan berfungsi normal dan baik bila ia terus-menerus berhubungan dengan presiden direktur dan pemegang saham/ pemilik (roh dan Tuhan). Pada saat jiwa kita dikendalikan oleh Kristus, Raja damai itu, maka jiwa kita akan sehat dan berfungsi dengan normal.

Praktek
1. Praktekkanlah dengan tekun, ibadah mempersembahkan tubuh dengan suasana tenang. Biarkan damai sejahtera (shalom) memerintah seluruh hidup Anda.
2. Renungkan berulang-ulang Kolose 3:15. Doakan agar ayat ini terjadi dalam hidup Anda.

2013-11-23T03:08:58+07:00