//14/06/2012 – Ketaatan kepada PEMIMPIN

14/06/2012 – Ketaatan kepada PEMIMPIN

Kamis, 14/06/2012

KETAATAN KEPADA PEMIMPIN

Bacaan Firman :
Bacalah Ibrani 13:17 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan
1. Sebutkan dua perintah Tuhan yang harus dilakukan bagi seorang Kristen? (ayat 17a).
2. Mengapa ketaatan itu penting bagi kita? (ayat 17b).

Ketika berurusan dengan ketaatan kepada otoritas yang disebut pemimpin, maka banyak orang termasuk orang-orang Kristen yang suka tidak taat dan tunduk kepada pemimpin. Itulah sebabnya, sekalipun seseorang telah bertobat menjadi Kristen yang sungguh-sungguh pun agak sukar untuk taat dan tunduk kepada pemimpin. Lalu, apa jawaban Tuhan terhadap masalah ini, agar kita bisa dibebaskan terhadap perasaan bersalah yang terus-menerus menghantui kita. Rasul Paulus berkata, “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu(Ibrani 13:17). Perintah Tuhan kepada kita adalah taat dan tunduk kepada mereka, sebab merekalah yang diserahkan kewenangan oleh Tuhan untuk bertanggungjawab atas nyawa kita. Apakah pemimpin tersebut berhati lembut atau kasar dan bengis bukanlah urusan kita. Kita hanya melakukan bagian kita dan Allahlah yang akan melakukan bagian-Nya. Hal ini perlu kita ketahui karena salah satu hal yang membuat Daud sebagai orang yang berkenan pada
Tuhan adalah ia membiarkan Allah yang menuntut balas kebengisan raja Saul atas dirinya. Ia tidak membalas perlakukan pemimpinnya, karena ia tahu bahwa taat dan tunduk kepada pemimpin adalah perintah Tuhan. Mari, kita mengikuti jejak Daud agar menjadi orang yang berkenan kepada Tuhan.

Praktek
Apa respon Anda sesudah membaca renungan ini? Bagaimana sikap Anda selama ini kepada pemimpin/otoritas Anda? Buatlah komitmen untuk melakukan kehendak Tuhan atas hidup Anda.

2012-05-23T23:43:49+00:00