//14/11/13 – Melatih diri dalam keintiman

14/11/13 – Melatih diri dalam keintiman

Kamis, 14 November 2013

MELATIH DIRI DALAM KEINTIMAN

Bacaan Firman
Bacalah 1 Timotius 4:7-8; Matius 6:5-6 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Hal apa yang harus kita jauhi dan apakah kita harus melatih diri? (1 Timotius 4:7). Apakah manfaat ibadah dibandingkan dengan manfaat latihan badani? (1 Timotius 4:8)
2. Bagaimana seharusnya berdoa? Apa berkat mempraktekkan doa yang benar? (Matius 6:5-6).

Keintiman dengan Tuhan tidak mungkin dicapai tanpa disiplin berdoa. Mengapa? Karena kunci memiliki hubungan intim dengan Tuhan adalah meluangkan waktu untuk bersekutu dan berdialog dengan Tuhan. Edwin Louis Cole berkata bahwa doa menghasilkan keintiman. Jika kita berdoa kepada Tuhan, maka kita akan intim dengan Dia. Bila kita berdoa bersama seseorang dan untuk seseorang, maka kitapun akan beroleh keintiman dengan orang itu. Keintiman dengan Tuhan dan sesama adalah kunci kesuksesan hidup. Latihan ibadah yang tidak menghasilkan keintiman terbatas kegunaannya. Marilah kita mempraktekkan ibadah doa yang aktif setiap hari. Disiplin doa dimulai dari pagi hari ketika kita bersaat teduh, namun kita tidak boleh berhenti sampai di situ. Hal itu sama seperti ketika kita kuliah atau bersekolah. Untuk menjadi seperti guru kita, kita perlu bertatap muka dan berdialog dengan guru-guru / dosen kita. Namun kita masih harus mengulangi pelajaran tersebut di luar jam tatap muka. Kita harus berulang-ulang mendengar “perkataan” dosen / guru kita. Demikian pula dengan ibadah doa. Kita bukan hanya perlu disiplin doa pada saat teduh, tetapi juga disiplin doa yang “senantiasa.” Inilah yang disebut keintiman yang aktif

Praktek
1. Ambilah waktu terbaik di pagi-pagi hari / malam hari, untuk berdialog dengan Tuhan. Praktekkan persekutuan dan dialog di luar jam saat teduh. Misalnya: berdialog dengan Tuhan setiap 5 menit.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah 1 Timotius 4:7-8 secara berulang-ulang.

2013-10-22T06:59:56+07:00