//14/12/13 – Ibadah yang mendatangkan shalom

14/12/13 – Ibadah yang mendatangkan shalom

Sabtu, 14 Desember 2013

IBADAH YANG MENDATANGKAN SHALOM

Bacaan Firman
Bacalah Filipi 4:6-9 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Hal apakah yang dilarang oleh Tuhan? Apakah jalan keluarnya? (ayat 6). Apa yang akan terjadi bila kita mempraktekkan jalan keluar tersebut? (ayat 7).
2. Hal-hal apa yang harus terus-menerus kita pikirkan? (ayat 8). Apa yang harus kita lakukan dan apa janji Tuhan untuk hal itu? (ayat 9).

Apakah Anda pernah dikuasai oleh kekuatiran? Kekuatiran yang beralasan itu wajar, tetapi dikuasai oleh kekuatiran adalah gejala yang menunjukkan ada sesuatu yang tidak benar, yang terjadi pada hati/ pikiran kita. Kekuatiran yang menguasai kita adalah tanda bahwa hidup kita tidak lagi mengandalkan Tuhan, tetapi mengandalkan diri sendiri. Pada saat kita mengandalkan diri sendiri, maka pikiran-pikiran negatif dan kekuatiran-kekuatiran masa lalu bermunculan. Semua pengalaman buruk yang penuh kekuatiran di masa lalu muncul dan membuat kita tidak tenang. Padahal 90% lebih hal-hal yang kita kuatirkan tidak akan pernah terjadi. Jika demikian, apakah jalan keluarnya? Jalan keluarnya hanya satu, yaitu memberi diri dikuasai atau disertai oleh shalom (damai sejahtera). Bagaimana caranya? Lakukanlah ibadah pribadi. Ibadah adalah usaha untuk menyerahkan hidup (tubuh) kita, agar mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan.

Ada 2 hal yang harus dilakukan dalam ibadah pribadi untuk menghasilkan damai sejahtera:
1. Doa penyerahan
Serahkanlah semua kekuatiran Anda kepada Tuhan dengan pengucapan syukur. Serahkan tubuh Anda untuk dikuasai oleh damai sejahtera Allah.

2. Pembaharuan pikiran
Setelah Anda menyerahkan pikiran-pikiran negatif, maka sekarang tanamlah pikiran-pikiran yang benar dan positif ke dalam pikiran bawah sadar Anda.

Praktek
1. Praktekkanlah ibadah pribadi seperti yang dijelaskan. Praktekkan sampai Anda dikuasai oleh damai sejahtera Allah.
2. Renungkan berulang-ulang Filipi 4:6-7. Doakan agar ayat ini terjadi di dalam hidup Anda.

2013-11-23T03:10:28+07:00