15/01/19

Selasa, 15/1/2019

  • Bacaan: Kejadian 43-45; Markus 15-16; Lukas 1
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Kejadian 45:1-28; Lukas 1:67-80

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Saudara-saudara Yusuf bermaksud jahat terhadap dia dengan menjualnya ke Mesir, tetapi Tuhan mengubahkan segala keadaan Yusuf untuk kebaikan yaitu untuk memelihara kehidupan mereka semua, termasuk seluruh bangsa Mesir pula. Karena mengerti rencana Allah inilah, Yusuf tidak membenci saudaranya. Sebaliknya, dia mengampuni mereka dan mengasihi semua saudaranya itu. Bahkan akhirnya datanglah Yakub dan semua anak cucu keturunannya ke Mesir, dan mereka beranak cucu tinggal di Mesir.

 

Renungan PB:

Ini adalah nubuat yang disampaikan oleh Zakaria yang dipenuhi Roh Kudus, tentang Yesus yang akan lahir sebagai Keturunan Daud (Mesias), dan tentang Yohanes Pembaptis yang akan menjadi pembuka jalan bagi Yesus. Ternyata Yesus datang untuk menggenapi perjanjian kelepasan yang dibuat Tuhan dengan kita. Yesus datang untuk melepaskan kita dari segala musuh-musuh (dosa, setan, dunia, kedagingan – Ef. 2:1-3). Perjanjian kelepasan inilah Perjanjian Baru yang dibuat Tuhan dengan kita. Perjanjian ini berlaku sampai seumur hidup kita.

2019-10-12T10:04:07+07:00