15/04/19

Senin, 15/4/2019

  • Bacaan: 1 Raja-Raja 22; 2 Raja-Raja 1-2; Wahyu 21-22
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Wahyu 22:6-17

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Kitab 2 Raja-Raja ini melanjutkan sejarah kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada kitab 1 Raja-Raja. Kitab ini terdiri dari dua bagian: (1) kisah sejarah kedua kerajaan mulai pertengahan abad kesembilan SM sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 SM; (2) kisah sejarah kerajaan Yehuda dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada tahun 586 SM. Kitab ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi Gubernur Yehuda di bawah kekuasaan Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin, raja Yehuda, dari penjara di Babel. Bencana itu terjadi karena raja-raja dan rakyat Israel serta Yehuda tidak setia kepada Tuhan. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya orang-orang Yehuda menjadi satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

 

Renungan PB:

Hal terpenting dalam renungan hari ini adalah Tuhan menjamin Firman-Nya. Dikatakan, “Perkataan-perkataan ini tepat dan benar, dan Tuhan, Allah yang memberi roh kepada para nabi, telah mengutus malaikat-Nya untuk menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi.” Jika kita masih meragukan janji Tuhan, ingatlah bahwa Ia berjanji, “Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!” Jika kita sedang berputus asa, perhatikan janji-Nya yang lain, “Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.” Mari tetap bertekun dalam kebenaran dan kekudusan sampai kedatangan Tuhan, karena janji-janji-Nya!

2019-10-12T09:37:01+07:00