15/05/19

Rabu, 15/5/2019

  • Bacaan: 2 Tawarikh 36; Ezra 1 dan 2; Lukas 15 dan 16
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: Ezra 1:1-11

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Dalam renungan hari ini, kita melihat kesetiaan Tuhan kepada umat-Nya. Dia berjanji dan Dia bertindak tepat waktu untuk menggenapi janji-Nya. TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia, untuk menggenapkan Firman yang diucapkan oleh Yeremia bahwa seluruh orang Israel akan kembali ke tanahnya dan mendirikan bait Allah di Yerusalem. Perhatikan kata-kata Koresh, “Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.” Bahkan, ia kemudian melanjutkan, “Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem.” Ia pun lalu menambahkan perintah dukungan yang penting, “Dan setiap orang yang tertinggal, di mana pun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas, harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela bagi rumah Allah yang ada di Yerusalem.” Jelaslah, Tuhan adalah Allah yang setia. Ia tidak pernah ingkar janji terhadap apa yang telah diucapkan-Nya. Tetaplah setia menanti janji Allah dalam hidup Anda.

2019-10-12T09:32:23+07:00