//15/01/14 – Mengapa kita harus berubah?

15/01/14 – Mengapa kita harus berubah?

Rabu, 15 Januari 2014

MENGAPA KITA HARUS BERUBAH?

Bacaan Firman
Bacalah Amsal 4:18-19; 2 Korintus 3:18; Filipi 3:13-14; Markus 9:23 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apakah saya hanya mau berubah karena ikut-ikutan atau karena sangat yakin ini adalah kebenaran Firman Tuhan?
2. Apakah saya hanya bersifat pasrah saja ataukah saya sungguh semangat dan beriman agar saya dapat menuju kesempurnaan?

Apakah kita mau berubah sesuai dengan pergerakan Allah dan menjadi kantong kulit baru yang sanggup diisi dengan air anggur baru? Ataukah kita mau mempertahankan apa yang sudah ada dan membangun pertahanan agar yang lama tidak hilang, walau akibatnya adalah kita kehilangan fleksibilitas dan menjadi kantong kulit tua dan keras? Kantong kulit tua tidak mampu menerima air anggur baru karena kulitnya keras. Air anggur baru akan berekspansi sehingga kantong kulit yang keras akan pecah dan air anggur baru terbuang. Dalam sejarah, dalam tempo 40 tahun, kegerakan-kegerakan baru biasanya menjadi institusi tua dengan semua anggaran dasarnya, sehingga tidak lagi mampu menerima air anggur baru. Mengapa? Hal itu karena manusia pada umumnya takut terhadap hal-hal yang baru dan merasa lebih aman dengan yang lama. Abbalove kini sudah 35 tahun berjalan. Apakah kita mau menjadi kantong kulit baru yang sanggup menerima air anggur baru? Apakah kita akan ikut pola lama yang berdasarkan kuasa daging (Roma 8:3) atau berjalan menurut pola baru (Ibrani 7:16) yang berdasarkan pada kuasa Roh Kudus? Kita tidak boleh melakukan sesuatu baru cuma karena ada ide yang baru. Kita tidak boleh melakukan hal-hal baru yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Perubahan dalam pertumbuhan harus berdasarkan Firman Tuhan, pimpinan Roh Kudus dan motivasi kasih untuk membawa persatuan, kemajuan dan kemenangan bagi Tubuh Kristus. Kita harus berjalan di dalam terang yang semakin jelas, serta mengizinkan Roh Kudus mengubahkan kita menjadi kantong kulit baru dengan air anggur baru, yang membuat kita makin serupa dengan Yesus.

Praktek
Kini, masih awal tahun, catatlah tiga hal tabiat Anda yang ingin diubah tahun ini. Catat dalam buku agendamu, lalu tiap bulan, selidiki lagi dan berdoa dan ambil keputusan bahwa tabiat lama harus ditanggalkan dan tabiat baru dikenakan. Catatlah perkembangan tiap bulan.

2019-10-10T17:53:14+07:00