//15/02/17 – Amanat Agung Sang Raja

15/02/17 – Amanat Agung Sang Raja

Rabu, 15/02/2017

AMANAT AGUNG SANG RAJA


M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 28:16-20

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang terjadi ketika kesebelas murid bertemu dengan Yesus? (ay. 16-17)

2. Apa yang telah diberikan Bapa kepada Yesus? Perintah apakah yang diberikan Yesus kepada murid-muridNya? (ay. 18-19)

3. Janji apakah yang diberikan oleh Yesus apabila murid-muridNya taat melakukan untuk perintah yang diberikanNya? (ay. 20)

 

PENGAJARAN:

Inilah perintah yang disebut

Amanat Agung, yang diberikan oleh Yesus sebelum Dia naik ke surga. Ada orang yang berpikir bahwa Amanat Agung hanya diberikan kepada kesebelas rasul saja dan bukan untuk semua orang percaya. Itu adalah pendapat yang sangat keliru. Justru dari ayat-ayat tersebut, kita melihat bahwa Amanat Agung adalah untuk semua orang percaya. Mengapa? Karena perintah ini bersifat “estafet” dan turun-temurun. Memang pada awalnya perintah ini diberikan kepada kesebelas rasul, tetapi rasul-rasul harus mengajarkan kepada orang-orang yang telah dibaptis, supaya mereka taat untuk melakukan segala perintah Yesus. Nah, salah satu perintah yang harus diajarkan adalah Amanat Agung ini. Jadi, Amanat Agung adalah untuk semua orang percaya (murid) yang telah dibaptis, kemudian mereka harus pergi membaptis dan mengajarkannya lagi kepada orang percaya (murid) yang lain dan terus ber-estafet dari keturunan kepada keturunan berikutnya sampai kedatangan Yesus di akhir zaman. Itu sebabnya Yesus memberikan janji akan menyertai mereka sampai akhir zaman, meskipun rasul-rasul tidak hidup sampai akhir zaman.

Mari kita melihat isi perintah Amanat Agung itu.

1. Amanat Agung adalah untuk semua orang percaya.

2. Kita harus “pergi”, bukan “menunggu” atau “mengundang datang” terlebih dahulu.

3. Kita diperintahkan untuk memberitakan Injil kepada semua orang, bukan hanya sebagian (baca juga Markus 16:15).

4. Kita harus mengajarkan Amanat Agung kepada orang yang dimenangkan, agar orang itu juga mengajarkannya kepada orang lain lagi secara estafet (melatih pelatih). Apakah jaminan keberhasilanya? Jangan takut, Yesus berkata bahwa segala kuasa baik yang di bumi maupun yang di surga telah diberikan kepada Yesus.Ia berkata,“karena itu… pergilah… dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.” Wah, ini adalah janji yang luar biasa. Jika kita pergi, segala kuasa dan penyertaan Tuhan akan senantiasa menyertai kita dalam tugas kita.

2019-10-17T12:18:20+07:00