//15/07/2012 – Apa Respon Anda ketika badai menggoncang

15/07/2012 – Apa Respon Anda ketika badai menggoncang

Minggu, 15/07/2012

APA RESPON ANDA KETIKA BADAI MENGGONCANG ?

Bacaan Firman :
Bacalah Markus 4:35-41 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan
1. Apa respon murid-murid dan bagaimana jawaban Yesus ketika angin ribut melanda? (ayat 38b-40).
2. Apa respon Anda ketika “angin ribut” datang dalam hidup Anda: panik, takut atau tetap tenang?

Dalam suatu kehidupan, tidak selalu kita merasakan hidup yang aman dan damai. Adakalanya juga kita sebagai murid Kristus mengalami “angin ribut” yang menerpa kehidupan kita. Namun apa respon kita ketika menghadapi “angin ribut” tersebut? Apakah panik, takut, atau tetap tenang? “Angin ribut” bisa berupa persoalan atau berita yang tak menyenangkan yang datang secara tiba-tiba dalam hidup kita, sehingga kita tidak sempat mempersiapkan diri. Hal itu terjadi pada murid-murid Yesus, ketika taufan dahsyat dan ombak besar menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu penuh dengan air dan menyebabkan mereka panik. Mereka membangunkan Yesus yang tertidur di dalam perahu.

Ada 3 reaksi yang muncul ketika “angin ribut,” datang: (a). Menuduh diri sendiri. Mereka menyalahkan diri sendiri, berkata-kata kepada diri sendiri, menyesal mengapa tidak menolak permintaan Yesus untuk bertolak ke seberang. Mereka menghakimi diri sendiri. (b). Menuduh orang lain. Mereka menuduh satu dengan yang lain dan saling menyalahkan: mengapa tak ada yang mau mengingatkan Yesus untuk tidak menyeberang? (c).Menuduh Tuhan. Mereka menuduh Tuhan tidak peduli jika mereka binasa, “Guru, Engkau tidak peduli kalau kita binasa?”(ayat 38b). Dalam kondisi tertekan, mereka menyalahkan Tuhan Yesus.

Apa kunci kemenangan mereka? Berdamailah dengan diri sendiri, sesama dan Tuhan. Jadilah tenang dan tetap memperkatakan Firman Tuhan. Kita tidak bisa mengatur badai, tetapi kita mengatur cara bagaimana menghadapi badai. Kita tidak bisa melarang burung terbang di atas kepala kita, tetapi kita bisa mengusirnya agar ia tidak bersarang di atas kepala kita.

Praktek
Rhema apa yang Anda dapat pada renungan Firman hari ini? Sudahkah Anda mempraktekkan kunci kemenangan dalam hidup Anda? Apa komitmen Anda untuk dilakukan? Bagikan di komsel.

2012-06-30T02:52:59+00:00