//16/04/13 – Kemenangan Debora atas kekuatan ‘kereta besi’

16/04/13 – Kemenangan Debora atas kekuatan ‘kereta besi’

Selasa, 16/04/2013

KEMENANGAN DEBORA ATAS KEKUATAN ‘KERETA BESI’

Bacaan Firman
Bacalah Hakim-Hakim 4 dan 5 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan renungan
1. Hal apakah yang menjadi masalah bagi bangsa Israel? Hal apakah yang membuat Debora berani bertempur bersama Barak? Apa janji Tuhan dalam pertempuran?
2. Apa artinya menjadi orang kuat? Apakah kita harus memiliki fasilitas hebat (“kereta besi”) atau pribadi yang kuat dalam mengatasi masalah atau tantangan?

Bila kita melihat kisah Debora, ada banyak wanita yang ingin seperti Debora atau mungkin banyak pria menjadi tidak suka dengan Barak karena sikapnya yang terkesan tidak berani. Jika kita memperhatikan kisah Alkitab ini, maka kita bisa melihat bahwa kemenangan yang diperoleh bukanlah semata karena kekuatan Debora atau Barak, tetapi kemenangan Tuhan. Tuhan memberikan kemenangan karena Ia telah berfirman kepada Debora, bahwa Tuhan sendirilah yang akan bertempur melawan tentara musuh. Jadi, siapapun yang percaya kepada janji Tuhan ketika mendengarnya, bahwa kemenangan pasti diperoleh, maka hal itu terjadi baginya. Tidak hanya mendengar janji Tuhan, tapi Debora juga mengerti bagaimana bekerja sama dengan Barak untuk meraih kemenangan yang dijanjikan Tuhan. Mungkin kita sulit untuk mempercayai kemenangan dengan fasilitas yang ada sekarang, karena kita tidak memiliki “kereta besi,” atau kita tidak memiliki apapun, tetapi Debora memiliki ketetapan hati kepada janji Tuhan. Jadi, mereka maju untuk berperang dan Tuhan memberikan kemenangan kepada mereka. Jika saja Debora dan Barak tidak berpegang kepada janji Tuhan, maka mereka tentu tidak akan mengalami kemenangan. Tuhan memakai orang-orang yang ada di sekitar mereka untuk mendukungnya.

Praktek:
Evaluasilah diri Anda: hal apakah yang membuat Anda ragu terhadap janji Tuhan? “Kereta besi” apa yang menghalangi iman Anda untuk melihat mukjizat Tuhan? Peganglah janji Tuhan dan bukan melihat “kereta besi” di hadapan Anda.

2013-03-27T07:44:57+07:00