17/05/19

Jumat, 17/5/2019

  • Bacaan: Ezra 6-8; Lukas 19-20
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: Ezra 7:6-10

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Kita harus memiliki sikap seperti Ezra ini, yang siap dan tanggap terhadap panggilan Tuhan ketika Raja Koresh memberikan pengumuman tentang rencana Tuhan. Ia segera berangkat pulang ke Yerusalem. Ezra adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa. Perhatikan bahwa ketika Ezra tanggap melaksanakan panggilan Tuhan, Raja pun memberikan kepada Ezra segala yang diingininya. Mengapa? Karena tangan TUHAN melindungi dia. Apa yang dilakukan oleh Ezra patut diteladani, yakni, “Ezra bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.” Perhatikan tiga hal yang dilakukan Ezra: 1) meneliti Firman Allah, 2) melakukannya, dan 3) mengajarkannya kepada orang lain. Setiap orang yang sungguh-sungguh mencari Allah dan menunjukkan kesetiaan kepada Allah akan mengalami tangan Allah melindunginya.

2019-10-12T09:32:12+07:00