//17/10/13 – Gambar yang paling berkuasa

17/10/13 – Gambar yang paling berkuasa

Kamis, 17 Oktober 2013

GAMBAR YANG PALING BERKUASA

Bacaan Firman
Bacalah Roma 6:11-14 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa perintah Tuhan mengenai pandangan kita tentang diri kita (ayat 11)? Apakah pengaruh pandangan di atas terhadap tubuh kita yang fana ini (ayat 12)?
2. Setelah memiliki pandangan yang benar, hal praktis apa yang harus dilakukan sehari-hari (ayat 13)? Mengapa (ayat 14)?

Mengapa kita yang sudah tahu tentang janji Tuhan bahwa kita dimerdekakan dari dosa, kebiasaan buruk, ikatan emosional, namun belum merdeka? Mengapa banyak orang hidup dalam ikatan dosa? Di mana kuasa Tuhan? Apa persoalannya? Persoalannya ada di memori bawah sadar. Di dalam memori bawah sadar kita belum ada “gambar yang paling berkuasa.” Gambar apakah itu? “Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus,” (ayat 11). Inilah perintah yang paling berkuasa dalam kitab Roma. Paulus menggunakan 6 pasal sebelumnya untuk sampai kepada perintah ini. Allah memerintahkan kita untuk memandang sebuah gambar. Gambar bahwa kita sudah mati terhadap dosa dan hidup bagi Allah di dalam Kristus Yesus. Jangan hanya tahu informasi saja, tapi tanamlah gambar permanen itu di alam bawah sadar. Banyak gambar yang tersimpan di dalam pikiran orang Kristen saat ini,
1). Gambar dan gagasan bahwa dosa mustahil dilepaskan, sebab mereka gagal saat mencobanya.
2). Gambar bahwa akibat dosa, mereka malu, tertuduh, tidak layak hidup dalam hadirat Bapa.
3). Gambar-gambar lain yang menguasai memori bawah sadar adalah pornografi, perselingkuhan, keduniawian, kegagalan, ketidaklayakan diri dan gambar penolakan Allah atas dirinya.

Setan memakai gambar-gambar di alam bawah sadar untuk menipu kita, agar kita hidup dalam dosa. Ia berkata, “Kami telah memiliki rekaman video tentang hidupmu. Inilah rekaman yang sangat kotor, najis, dan memalukan. Inilah hidupmu. Dosa tidak mungkin terpisah dari hidupmu. Dosa bersatu denganmu dan usahamu untuk terbebas dari dosa adalah sia-sia. Yang paling mengerikan dari akibat dosa ini adalah kamu ditolak dan dibuang oleh Allah.” Jika kita tidak melakukan detoksifikasi terhadap gambar-gambar itu, kita tidak bisa terbebas dari ikatan dosa, ikatan emosional, dan kebiasaan buruk yang lain. Inilah gambar paling spektakuler, “Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.”

Praktek
Temukan gambar yang salah, yang telah tertanam di memori bawah sadar Anda! Tolaklah gambar-gambar yang salah dan mulailah melakukan perenungan dengan otak kanan dan kiri dengan Roma 6:11. Tanamkanlah gambar yang benar di dalam memori bawah sadar Anda.

2013-09-26T03:05:43+07:00