18/02/19

Senin, 18/2/2019

  • Bacaan: Bilangan 28-30; 1 Korintus 12-14
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

Pendalaman PB: IKorintus 13:8-13

1.Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!

2.Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.

3.Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

Renungan PB:

Ada orang-orang yang percaya bahwa bila yang sempurna (Alkitab) itu datang, nubuat, bahasa roh, dan pengetahuan akan berakhir. Maka, mereka beranggapan bahwa setelah Alkitab dikanonisasi (isinya lengkap dikumpulkan/disatukan), nubuat, bahasa roh, dan pengetahuan pun lenyap. Orang-orang ini disebut “Cessationist”, yaitu penganut doktrin “penghentian” karunia roh, mukjizat serta nubuatan setelah Alkitab dikumpulkan. Pendapat ini sebenarnya adalah akibat dari kesalahan tafsir kata “yang sempurna” di luar konteknya. Alasan mereka adalah kata “yang sempurna” (“which is perfect” bukan “who is perfect”), yang menunjuk kepada sesuatu, bukan seseorang. Benar bahwa yang dimaksud sesuatu itu bukanlah Yesus yang akan datang, tetapi menurut konteksnya adalah tingkat pengenalan yang sempurna pada waktu kedatangan Yesus, bukan isi Alkitab. “Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal,” (1 Kor. 13:12 TB). Jelaslah, sesuatu itu bukanlah Alkitab; melainkan tingkat pengenalan yang sempurna pada waktu kedatangan Yesus yang kedua. Karena itulah, seperti banyak bukti ayat-ayat Alkitab (Kis. 2:38-39,17-21; 1 Kor. 1:4-9) menunjukkan, karunia-karunia Roh, mukjizat, dan kesembuhan akan berlanjut terus sampai hari kedatangan Yesus, yakni ketika tingkat pengenalan kita akan Tuhan sempurna.

2019-10-12T09:57:39+07:00