18/12/19

Rabu, 18/12/2019

  • Bacaan: Nahum 2-3; I Yohanes 3-4
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: Nahum 1:2-8  

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Dalam renungan Saat Teduh hari ini, ada perkataan Nahum yang kemudian dalam Perjanjian Baru dikutip oleh Yakobus, “Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!” (Yak. 4:5). Yakobus mengutip Firman ini dari Nahum, “TUHAN itu Allah yang cemburu dan pembalas, TUHAN itu pembalas dan penuh kehangatan amarah. TUHAN itu pembalas kepada para lawan-Nya dan pendendam kepada para musuh-Nya.” Sebaliknya dalam kasih, “TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Dia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Dia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya.” Bahkan, “TUHAN itu baik; Dia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Dia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. Dia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.” Sudahkah Anda mengalami kasih Tuhan yang luar biasa hebat ini?

2019-11-22T11:09:27+07:00