19/01/19

Sabtu, 19/1/2019

  • Bacaan: Keluaran 5-7; Lukas 11-13
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Keluaran 6:1-12; Lukas 12:1-12

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Tuhan mengutus Musa karena seruan orang Israel dan karena perjanjian yang dibuat-Nya dengan Abraham, Ishak, dan Yakub. Di dalam perikop ini Allah mulai memperkenalkan siapakah Tuhan dan apakah yang akan dilakukan Tuhan terhadap bangsa Israel. Ini akan menjadi perintah pertama dari sepuluh perintah Allah: “Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa Mesir……” Jelaslah bahwa Allah sangat setia dengan perjanjian yang dilakukannya. Dia adalah Allah Perjanjian.

 

Renungan PB:

Yesus mengajarkan ajaran yang khusus kepada murid-murid: takut akan Tuhan. Mengapa kita harus takut akan Tuhan? Tuhan itu Maha Tahu serta Ia berdaulat dan berkuasa membunuh dan melemparkan manusia ke neraka. Selain itu, Allah menghargai (mengasihi) kita. Maka, dasar kita takut akan Allah adalah karena Allah kita mengasihi kita. Kasih menyebabkan takut akan Tuhan. Kita takut menyakiti dan mengecewakan Tuhan karena kita mengasihi Dia. Ini adalah rasa hormat dan segan akan Tuhan. Bukan rasa takut yang mengerikan. Ini adalah rasa takut yang sehat, berbeda dengan takut yang lahir dari trauma atau luka batin, yang menyebabkan penyakit-penyakit yang mematikan.

2019-10-12T10:03:46+07:00