19/03/19

Selasa, 19/3/2019

  • Bacaan: Hakim-hakim 21; Rut 1-2; Ibrani 1-2
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Ibrani 1: 1-4

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Surat Ibrani ditujukan kepada orang Yahudi. Mereka sudah percaya kepada Yesus Kristus, tetapi mereka terbiasa dengan pengajaran Yahudi tentang malaikat, sejarah Israel, imamat Harun, tabernakel Musa, dan sistem pengorbanan. Mereka terbiasa dengan tulisan-tulisan Perjanjian Lama termasuk Taurat, Mazmur, dan kitab nabi-nabi. Semua itulah yang menjadi dasar iman mereka. Memang, kita perlu mengenal semua hal itu karena hal-hal itulah yang menjadi bayangan, gambar, dan pelajaran bagi kita yang hidup pada akhir zaman; tetapi kita sekarang hidup di zaman kegenapan semua itu. Di sinilah pentingnya surat Ibrani, yaitu sebagai jembatan yang menghubungkan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Dalam surat Ibrani, kita dapat melihat bahwa Perjanjian Lama memuat kunci-kunci untuk mengerti Perjanjian Baru, dan bagaimana lewat keduanya kita dapat memahami maksud abadi Allah. Inti pelajaran yang penting dalam surat Ibrani adalah keselamatan. Kita ditentukan untuk keselamatan (Ibr. 1:14), maka kita jangan menyia-nyiakan keselamatan itu (Ibr. 2:3). Yesus menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya.

2019-10-12T09:47:11+07:00