//19/01/14 – Apa peranan 5 jawatan?

19/01/14 – Apa peranan 5 jawatan?

Minggu, 19 Januari 2014

APA PERANAN 5 JAWATAN?

Bacaan Firman
Bacalah Efesus 4:11-16; Kisah Para Rasul 8:14;13:1-4; 15:36; 2 Korintus 12:14 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Mengapa ada tim-tim Apostolik yang sering berjalan keliling dalam pelayanan gereja mula-mula?
2. Apakah ada perbedaan para pelayan yang menetap di jemaat lokal dan pelayan-pelayan yang jalan keliling?

Di dalam gereja mula-mula, ada tiga lapis pelayanan. Pelayanan lapis pertama dan paling penting adalah Imamat Rajani. Ini adalah setiap orang percaya yang dipanggil menjadi aktif sebagai anggota Tubuh Kristus, yang memiliki karunia dan talenta yang berbeda-beda. Lapis kedua adalah para penatua yang menetap dalam jemaat lokal untuk menjadi pelatih dan teladan kepada jemaat lokal. Mereka menggembalakan domba-domba Tuhan dan melindunginya dari bahaya. Lapis ketiga adalah pelayan-pelayan yang tidak menetap secara lokal, tapi sering berjalan keliling Tubuh Kristus dari jemaat ke jemaat, kota ke kota, untuk membangun Tubuh Kristus atau yang pergi ke ladang-ladang baru untuk melebarkan Kerajaan Allah. Di dalam jemaat mula-mula, kita melihat bahwa setiap orang percaya menjadi saksi Yesus yang aktif dalam jemaat. Kita melihat ada pelayan-pelayan lokal yang tinggal di dalam jemaat. Dan kita melihat tim-tim Apostolik, yaitu 5 Jawatan, yang sering dalam perjalanan. Kini, kita memerlukan pemulihan kebenaran ini supaya kantong kulit baru boleh terwujud, air anggur baru boleh mengalir dan Kerajaan Allah menjadi nyata di dalam segala kemuliaannya.

Praktek
Hari ini dalam ibadah, perhatikan bahwa ada berjenis para pelayan. Ada yang tugasnya memang internal jemaat dan paling efektif di dalam konteks jemaat. Tetapi, mungkin ada yang Anda lihat bahwa tugas mereka bukan hanya internal jemaat Anda, tetapi mereka juga memiliki kesanggupan khusus untuk menjadi equipper, yang memperlengkapi orang lain, yang sebaiknya jangan terikat di dalam jemaat lokal saja, tetapi perlu dibebaskan agar sering pergi dan melayani jemaat-jemaat lain demi pembangunan Tubuh Kristus. Cari satu teman di ibadah dan ceritakan apa yang dinyatakan oleh Tuhan kepadamu. Lalu, bersama-sama orang itu untuk mendoakan para pelayan dalam jemaat agar mereka dipakai untuk kemuliaan Tuhan.

2013-12-17T04:23:51+07:00