//19/01/17 – Dua sikap yang merusak komunitas kerajaan

19/01/17 – Dua sikap yang merusak komunitas kerajaan

Kamis, 19/01/2017

DUA SIKAP YANG MERUSAK KOMUNITAS KERAJAAN

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 7:1-6

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang Yesus katakansupaya jangan kita lakukan di dalam komunitas kerajaan? Mengapa? (ay. 1-2)

2. Jadi, bagaimanakah caranya agar kita ingin mengambil SELUMBAR dari mata saudara kita? Menurut Anda apakah “balok” itu dan apakah “selumbar” itu? (ay. 3-5)

3. Apa yang Yesus katakan jangan kita lakukan kepada “ANJING” dan “BABI”? Siapakah sebenarnya yang dimaksud dengan “anjing” dan “babi” itu? (ay. 6)

 

PENGAJARAN:

Pada bagian ini, Yesus menggunakan beberapa kata “saudara”. Artinya Dia mengajarkita bagaimana hidup di dalam KOMUNITAS KERAJAAN ALLAH. Perikop ini sebenarnya membahas dua sikap yang merusak komunitas Kerajaan Allah:

1. SIKAP SALING MENGHAKIMI

Bila kita saling menghakimi,kita akan menjadi komunitas yang saling merusak. Balok adalah SIKAP MENGHAKIMI itu sendiri. Orang yang menghakimi orang lain sebenarnya sedang menaruh BALOK DI DALAM matanya. DOSA MENGHAKIMI selalu lebih besar dari DOSA YANG DIHAKIMINYA. Mengapa? Karena, orang yang menghakimi telah MENGAMBIL PEKERJAAN DAN HAK YANG HANYA BOLEH DAN MAMPU DILAKUKAN OLEH ALLAH SENDIRI.

Kita tidak mampu menghakimi dengan adil. Jika mata kita kelilipan BALOK, mana mungkin kita mengambil SELUMBAR dari mata saudara kita? Apakah SELUMBAR itu? Selumbar adalah DOSA-DOSA, KELEMAHAN-KELEMAHAN, atau KEBIASAAN-KEBIASAAN BURUK,yang sangat terasa menyakitkan tetapi tidak dapat kita lihat letaknya dan tidak dapat kita keluarkan sendiri. Kita perlu orang lain untuk mengeluarkannya. Mengapa? Karena pada zaman Yesus tidak ada cermin yang bening. Jikakita masih kelilipan BALOK tetapi mencoba mengeluarkan SELUMBAR dari mata saudara kita,akibatnya mengerikan. Kita pasti MELUKAI MATA SAUDARA KITA danmata kita sendiri, karena mata kita terhalang oleh balok.

Pisau operasi memang baik dan dapat menjadi alat kesembuhan jika digunakan oleh AHLI BEDAH.Namun, pisau operasi menjadi alat pemotong dan pembunuh yang sangat mengerikan jika berada di tangan ORANG YANG TERLUKA. Jadi, bagaimana caranya mengoreksi orang lain? KELUARKAN TERLEBIH DAHULU BALOK DARI MATA KITA. Buanglah sikap yang menghakimi.

2. SIKAP MEMAKSAKAN SOLUSI dan PENCERAHAN SEBELUM WAKTUNYA.

Disini,anjing dan babi ditempatkan di dalam konteks saudara-saudara (komunitas Kerajaan Allah). Apakah artinya? Anjing dan babi memang biasanya diartikan sebagai orang-orang belum lahir baru. Tentu kita tidak dapat menilai sepintas siapakah orang-orang yang termasuk anjing dan babi dalam komunitas kita. Namun prinsip utamanya adalah JANGAN MEMBERIKAN KEPADA ANJING BARANG YANG KUDUS, dan KEPADA BABI MUTIARA. Artinya, jangan memaksakan SOLUSI KUDUS kita kepada anjing dan jangan paksakan PENCERAHAN BARU kita kepada babi. Artinya, sebelum waktu yang tepat, anjing dan babi tidak membutuhkan barang dan mutiara.Merekamembutuhkan makanan. Jika kita memaksakan SOLUSI KUDUS dan PENCERAHAN BARU kita kepada ORANG YANG BELUM SIAP,itu tidak ada gunanya. Bahkan, akibatnya kita akan DISERANG BALIK oleh orang-orang tersebut.

 

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:24:19+07:00