//19/10/13 – Tindakan otomatis

19/10/13 – Tindakan otomatis

Sabtu, 19 Oktober 2013

TINDAKAN OTOMATIS

Bacaan Firman
Bacalah Roma 6:17-19; 8:5 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Dulu kita adalah hamba dosa. Menjadi hamba siapakah kita saat ini (Roma 6:18)? Jadi, bagaimanakah seharusnya kita hidup sekarang (Roma 6:17)?
2. Apa yang harus kita lakukan dengan tubuh kita sekarang (Roma 6:19)?

Visi Tuhan atas hidup kita adalah kita memiliki tindakan otomatis. Seperti dahulu ketika kita menjadi hamba dosa, kita secara otomatis tunduk kepada dosa, demikian pula sekarang, kita adalah hamba kebenaran yang secara otomatis tunduk kepada kebenaran dan berbuat kebenaran. Sudahkah Anda tunduk dan taat kepada kebenaran hingga Anda berbuat kebenaran secara otomatis? Contoh: ketika pertama kali naik sepeda, Anda belum memiliki kemampuan untuk naik sepeda. Anda harus berkonsentrasi menggunakan pikiran sadar Anda untuk mengendalikan tubuh. Karena terobsesi di hati untuk bisa naik sepeda, Anda terus-menerus naik sepeda. Akhirnya, Anda mahir mengendarai sepeda. Setelah mahir, apakah Anda masih menggunakan pikiran sadar? Tidak. Anda tidak perlu berpikir tentang bagaimana mengendarai sepeda. Anda mengayuh sepeda sambil nyanyi, berbicara, dan berpikir tentang hal lain. Mengapa? Karena tubuh sudah diperhamba oleh pikiran bawah sadar untuk taat secara otomatis. Bagaimana dengan kita? Kita melihat bahwa banyak orang Kristen yang hidup dalam tindakan otomatis yang berdosa: otomatis marah, otomatis bergosip atau menghakimi, otomatis mengontrol orang lain, otomatis berbohong dan otomatis memanipulasi. Sudahkah Anda memiliki tindakan otomatis yang benar? Kata Paulus, “sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan …, demikian hal kamu sekarang …”(Roma 6:19). Prinsipnya sama. Pertama, kita harus menanam kebenaran dalam pikiran bawah sadar kita, sehingga kebenaran menjadi tuan dan tubuh kita menjadi hambanya. Kedua, kita harus berulang-ulang mempraktekkannya sampai kebenaran menjadi respon otomatis. Jika firman sudah memenuhi pikiran bawah sadar kita, maka secara otomatis kita mempraktekkannya.

Praktek
Temukan kebiasaan buruk apa yang menjadi tindakan otomatis Anda, karena telah tertanam dalam pikiran bawah sadar Anda? Temukan kebenaran apa yang perlu Anda tanam dalam pikiran bawah sadar Anda agar menjadi tindakan otomatis.

2019-10-04T13:42:59+07:00