//19/11/13 – Kejahatan masa lalu

19/11/13 – Kejahatan masa lalu

Selasa, 19 November 2013

KEJAHATAN MASA LALU

Bacaan Firman
Bacalah Kejadian 50:15-21 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa yang ditakui oleh saudara-saudara Yusuf setelah Yakub meninggal? (ayat 15). Apa yang dilakukan oleh mereka? Ketakutan apa yang tersimpan di hati mereka? (ayat 16-18).

2. Apa sikap Yusuf terhadap mereka? Mengapa Yusuf tidak membenci mereka? (ayat 19-21)

Penghalang lain dari keintiman dengan Allah dan sesama adalah kepahitan di pikiran bawah sadar, yang disebabkan oleh perlakuan-perlakuan jahat dari orang-orang dekat di masa lalu. Coba bayangkan sejenak, jika Anda adalah Yusuf yang disakiti oleh saudara-saudara dengan perbuatan yang kejam dan tidak adil. Kebanyakan orang yang diperlakukan demikian pastilah menjadi pahit dan trauma di pikiran bawah sadarnya. Namun betapa luar biasanya kelakuan Yusuf dibandingkan dengan saudara-saudaranya. Tampak jelas sekali perbedaan di antara mereka. Saudara-saudaranya begitu dikuasai oleh tuduhan dan ketakutan di pikiran bawah sadarnya, sehingga mereka diperbudak oleh rasa takut yang begitu kuat. Sebaliknya, Yusuf bersikap penuh belas kasihan. Terlihat bahwa Yusuf tidak memiliki kepahitan di pikiran bawah sadarnya. Yusuf tidak mengijinkan pikiran-pikiran yang menyakitkan memasuki pikiran bawah sadarnya. Apakah rahasianya? Yusuf percaya kepada kuasa kedaulatan Allah yang selalu mendatangkan kebaikan bagi dirinya (Roma 8:28-30). Sudahkah Anda melihat kebenaran ini? Jika Anda rindu untuk mengalami pengalaman yang indah seperti Yusus, maka alam bawah sadar Anda juga harus dipenuhi dengan kebenaran firman Tuhan.

Praktek Firman Tuhan
1. Bicarakan perlakuan-perlakuan jahat / tidak adil yang pernah Anda alami. Bahaslah di dalam komsel, apa pengaruh-pengaruh yang didatangkan dalam pikiran bawah sadar Anda.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah Roma 8:28 secara berulang-ulang.

2013-10-23T03:17:35+07:00