20/04/19

Sabtu, 20/4/2019

  • Bacaan: 2 Raja-Raja 15-17; Matius 9-10
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 2 Raja-Raja 17:7-23

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Umat Tuhan yang hidup dalam Perjanjian Baru tidak berbeda jauh dengan orang Israel yang dibawa oleh Tuhan keluar dari mereka: (1) mereka menyembah Allah lain dan berdosa di hadapan TUHAN — uang, kedudukan, dan segala sesuatu bisa menjadi berhala di hadapan Tuhan; (2) mereka hidup menurut adat istiadat bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN, seperti kebiasaan atau budaya tertentu yang telah mencondongkan hati orang Kristen dari Tuhan Yesus; (3) mereka melakukan hal-hal yang tidak patut di hadapan TUHAN (mendirikan bukit pengorbanan berupa berhala ilah zaman ini) meski Tuhan berfirman, “Janganlah kamu berbuat seperti itu!” Dengan kesamaan-kesamaan yang negatif ini, apa yang harus kita lakukan? Kita harus berbalik dari jalan-jalan kita yang jahat dan mengikuti ketetapan Tuhan dengan setia.

2019-10-12T09:36:20+07:00