20/05/19

Senin 20/5/2019

  • Bacaan: Nehemia 5-7; Yohanes 1-2
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: Nehemiah 2:1-10

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Kitab Nehemia menjelaskan kepada kita tentang kisah pahlawan yang tidak hanya berdoa, tetapi juga bertindak dalam iman demi terwujudnya jawaban doa itu. Nehemia berterus-terang kepada Raja Artahsasta, “Bagaimana mukaku tidak akan muram, kalau kota, tempat pekuburan nenek moyangku, telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya habis dimakan api?” Kemudian, iman Nehemia diekspresikan dengan nyata saat raja bertanya kepadanya apa yang ia inginkan, “Jika raja menganggap baik dan berkenan kepada hambamu ini, utuslah aku ke Yehuda, ke kota pekuburan nenek moyangku, supaya aku membangunnya kembali.” Iman harus diwujudkan dan dibuktikan dengan tindakan. Iman tanpa tindakan ialah mati. Sudahkah doa-doa Anda dikabulkan karena Anda bertindak dengan iman? Jika belum, mulailah bertindak sesuai iman yang Anda doakan.

2019-10-12T09:31:52+07:00