//20/11/13 – Pernyataan-pernyataan kasar dan penghinaan

20/11/13 – Pernyataan-pernyataan kasar dan penghinaan

Rabu, 20 November 2013

PERNYATAAN-PERNYATAAN KASAR DAN PENGHINAAN

Bacaan Firman
Bacalah 1 Samuel 17:28-29 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini. Ketika Daud disuruh oleh ayahnya untuk membawa makanan kepada kakak-kakaknya, ia mendengar penghinaan Goliat atas pasukan Israel. Daud menjadi terusik dan berani menantang Goliat (baca 1 Samuel 17:20-27).

Pertanyaan Renungan
1. Hal apakah yang dikatakan oleh Eliab (kakak tertua Daud) atas Daud? (ayat 28).

2. Apakah jawaban Daud atas penyataan-pernyataan kakak tertuanya? (ayat 29).

Daud adalah anak laki-laki bungsu yang tertolak dan diabaikan oleh orang tua dan kakak-kakaknya. Mungkin karena berturut-turut melahirkan anak laki-laki, tentu saja orang tua Daud mengharapkan Daud lahir sebagai anak perempuan. Bayangkan saja bagaimana Daud dilupakan, diabaikan, bahkan lupa diikutsertakan dalam “pemilihan” anak-anak Isai oleh nabi Samuel agar supaya diurapi menjadi raja Israel (1 Samuel 16:1-13). Bukan hanya itu saja, setelah Daud menjadi rajapun, ia masih ditolak dan dihina oleh kakak-kakaknya. Daud difitnah oleh Eliab sebagai orang yang tidak bertanggung jawab, suka mencari kesenangan sendiri dengan menonton pertempuran, bahkan difitnah sebagai orang yang berhati jahat. Seharusnya, Daud menjadi orang yang kepahitan dan tidak bisa intim dengan Tuhan atau sesama. Tetapi Daud berkata: ”Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun Tuhan menyambut aku,”(Mazmur 27:10). Daud berespon kepada Eliab dengan lemah lembut, katanya, “Apa yang telah kuperbuat? Hanya bertanya saja” (1 Samuel 17:29). Daud adalah orang yang tidak terpengaruh oleh pernyataan-pernyataan kasar dan penghinaan-penghinaan di masa lalu. Bagaimana dengan Anda? Masihkah Anda sakit hati dan menyimpam rasa pahit di dalam hati dan alam bawah sadar Anda? Milikilah hati seperti Daud yang bisa intim dengan Tuhan tanpa terpengaruh sedikitpun perkataan kasar dari orang lain di sekitar kita.

Praktek Firman Tuhan
1. Temukan pengaruh dari penolakan-penolakan lewat pernyataan-pernyataan kasar dan penghinaan-penghinaan yang Anda terima di masa lalu? Lakukan pembaharuan pikiran.
2. Menanam firman: Bacalah Mazmur 27:1-19 dengan penghayatan yang dalam. Nikmatilah sentuhan kasih Bapa dan berdialoglah dengan Bapa dalam keintiman.

2013-10-23T03:20:51+07:00