//21/01/2020 Pengampunan oleh Iman

21/01/2020 Pengampunan oleh Iman

Selasa, 21/1/2020 

Bacaan: Keluaran 11-13; Lukas 17-19

Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

PENGAMPUNAN OLEH IMAN

Pendalaman (PB): Lukas 17:1-6

  1. Sebenarnya, hal apakah yang ditegaskan oleh Yesus kepada murid-murid? (ay. 1-2)
  2. Dalam hal apakah Yesus berkata kita harus menjaga diri kita? (ay. 3)
  3. Dalam hal mengampuni, iman seperti apakah yang kita butuhkan? (ay. 4, 6)

 

Renungan pendalaman:

Dalam hal pengampunan, banyak orang Kristen tidak mau mengampuni orang yang bersalah kepada dirinya. Hari ini kita melihat bahwa kita “hanya” membutuhkan iman sebesar biji sesawi untuk mengampuni orang lain. Namun, ukuran kecil yang sebesar biji sesawi ini bukan berarti iman ini iman yang remeh. Sebenarnya, inilah iman Allah, seperti yang telah kita renungkan pada tanggal 13 Januari lalu. Pengampunan hanya bisa dilakukan dengan iman Allah ini, yang meskipun hanya seukuran biji sesawi dampaknya besar.
Karena itulah, Yesus menekankan hal penting yang harus kita lakukan, “Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegurlah dia, dan jikalau dia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau dia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali dia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.” Inilah yang harus senantiasa kita jaga di dalam hidup kita: mengampuni. Hari ini, buatlah keputusan untuk mengampuni orang yang selama ini telah melukai Anda.

———————————————-

Renungan singkat: Lukas 17:3

Sudahkah Anda menegur orang lain yang Anda anggap penting untuk menegur kesalahannya? Sudahkah Anda mengampuninya karena kesalahan itu? Kapankah terakhir kali hal ini Anda lakukan?

2019-12-17T16:54:43+07:00