21/03/19

Kamis, 21/3/2019

  • Bacaan: 1 Samuel 2-4; Ibrani 5-6
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: 1 Samuel 1:1-18

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan:

Kitab 1 Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman hakim-hakim ke zaman raja-raja. Perubahan secara nasional di Israel berkisar pada ketiga orang ini, yakni Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pengalaman Daud dari masa muda hingga ia menjadi raja pun terjalin erat dengan kisah Samuel dan Saul. Dalam kisah yang dibaca hari ini, kita melihat bahwa Tuhan membuat mukjizat dalam konflik rumah tangga keluarga orang tua Samuel. Sekali pun masalah rumah tangga rumit, prioritas mereka kepada Tuhan tidak luntur. ÔÇťOrang itu dari tahun ke tahun pergi meninggalkan kotanya untuk sujud menyembah dan mempersembahkan korban kepada TUHAN semesta alam di Silo. Ia dan kedua istrinya pergi bersama untuk menyembah Tuhan. Namun, hanya Hana saja yang berdoa, menangis dan bernazar, “TUHAN semesta alam, jika sungguh-sungguh Engkau memperhatikan sengsara hamba-Mu ini dan mengingat kepadaku dan tidak melupakan hamba-Mu ini, tetapi memberikan kepada hamba-Mu ini seorang anak laki-laki, maka aku akan memberikan dia kepada TUHAN untuk seumur hidupnya dan pisau cukur tidak akan menyentuh kepalanya.” Hasil doa itu adalah Samuel lahir dan menjadi nabi Tuhan.

2019-10-12T09:46:59+07:00