21/05/19

Selasa, 21/5/2019

  • Bacaan: Nehemia 8-10; Yohanes 3-4
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PB: Yohanes 3:1-21

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PB:

Kehidupan manusia bisa tercermin dari gaya hidup yang dijalaninya. Jika seseorang lahir kembali dari air dan Roh, pasti gaya hidupnya akan mencerminkan kehidupan Roh. Jika ia belum dilahirkan kembali dari air dan Roh, tentu hidupnya akan mencerminkan gaya hidup daging. Yesus menjelaskan hal ini, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.” Kemudian, Yesus mencontohkan gaya hidup dari Roh dengan memberikan perumpamaan, “Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.” Pilihan terletak di tangan setiap orang, entah mau hidup dengan gaya kedagingan atau rela dan bersedia untuk hidup dalam gaya hidup setiap hari yang dipimpin oleh Roh. Jika kita hidup dalam Roh, Allah telah menganugerahkan hidup kekal bagi kita.

2019-10-12T09:31:45+07:00