//21/02/14 – Ibadah dalam area-area kehidupan

21/02/14 – Ibadah dalam area-area kehidupan

Jumat, 21/02/2014

IBADAH DALAM AREA-AREA KEHIDUPAN

Bacaan Firman
Bacalah 2 Korintus 5:14-15, 18; 6:1 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Bacalah sekali lagi 2 Korintus 5:14-15, 18; 6:1.
2. Temukan apa yang Kristus lakukan dalam pelayanan pendamaianNya (Kolose 1:20).

Kristus bukan hanya melakukan pelayanan pendamaian untuk mendamaikan manusia dengan DiriNya. Tetapi, Ia juga mendamaikan bidang-bidang kehidupan (domain-domain) dengan diriNya. Di dalam Kolose 1:20, konteks kata segala sesuatu di situ bukan hanya mencakup manusia, tetapi juga segala bidang kehidupan. Suatu saat, semua musuh-musuh Kristus harus ditaklukkan di bawah kaki Kristus (1 Korintus 15:25). Segala sesuatu di sini bukan hanya manusia, tetapi lebih luas lagi. Suatu saat nanti, segala bidang kehidupan, seperti: keuangan, sosial, kesehatan, pendidikan, seni / budaya, olah raga, dan sebagainya harus takluk di bawah kaki Kristus. “Saat” itu adalah sesudah kedatangan Kristus yang kedua. Namun, saya percaya pendamaianpun dapat terjadi secara bertahap sekarang. Nah, setiap komsel seharusnya berdoa kepada Tuhan yang empunya tuaian, agar setiap anggota jemaatNya diberitahukan bidang kehidupan apa yang Tuhan ingin mereka jangkau. Setelah itu, wujudkanlah dalam bentuk pelayanan masyarakat dalam bidang-bidang kehidupan itu.

Kevin Cox, seorang pemimpin jemaat gereja Baptis di Dallas bersaksi tentang pertumbuhan gerejanya setelah mempraktekkan prinsip-prinsip dalam buku Build My Home. Kevin Cox mendorong setiap anggota komsel untuk mencari Tuhan dengan berdoa untuk mendapatkan visi dari Tuhan, untuk menjangkau bidang-bidang kehidupan. Ada yang mendapatkan ide-ide penjangkauan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan bidang lainnya. Setelah itu, semua anggota komsel turun ke lapangan untuk melayani bidang-bidang kehidupan yang ada, sesuai dengan petunjuk Tuhan. Berbagai proyek pelayanan terbentuk lewat komsel-komsel, dan hasilnya sangat menakjubkan. Mujizat dan kesembuhan terjadi di komsel-komsel. Orang-orang yang kebutuhannya terlayani dengan baik membuka diri untuk menerima Injil. Dalam waktu sekitar 2 tahun, jemaat kecil ini bertumbuh dari 2-3 komsel menjadi sekitar 15 komsel. Jumlah kehadiran jemaat dalam ibadah rayapun mengalami pertambahan. Luar biasa.

Praktek
1. Temukan lewat doa dan diskusi di komsel tentang apa “kerinduan-kerinduan” yang Tuhan taruh dalam hati Anda tentang bidang kehidupan yang harus komsel lakukan. Buatlah proyeknya dan mulailah membangun di bidang kehidupan itu.
2. Menanam firman di hati: Kolose 1:20

2019-10-09T05:30:05+07:00