//21/02/17 – Raja penyelamat yang diurapi

21/02/17 – Raja penyelamat yang diurapi

Selasa, 21/02/2017

RAJA PENYELAMAT YANG DIURAPI


M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Lukas 4:16-21

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apa yang terjadi pada saat Yesus masuk ke rumah ibadat? (ay. 16-17)

2. Siapakah Yesus menurut nubuat nabi Yesaya yang dibacakan oleh Yesus sendiri? (ay. 18-19)

3. Apa yang terjadi dan apa yang dikatakan oleh Yesus setelah membacakan kitab Nabi Yesaya itu? (ay. 20-21)

 

PENGAJARAN:

Yesus adalah Mesias, Raja Penyelamat yang diurapi. Dari nubuat Nabi Yesaya, kita dapat memahami siapakah Kristus dan apakah misi kedatanganNya. Kristus diurapi untuk:

1. Menyampaikan kabar baik (Injil) kepada orang-orang miskin,

2. Memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan,

3. Memberikan penglihatan bagi orang-orang buta,

4. Membebaskan orang-orang tertindas,

5. Memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.

Jadi, Yesus adalah Kristus yang diurapi itu, Dia datang untuk memberitakan bahwa tahun rahmat Tuhan (tahun Yobel) telah datang. Tahun rahmat atau tahun Yobel adalah tahun pembebasan total dari segala bentuk ikatan, tekanan, dan perbudakan. Orang-orang Yahudi menantikan datangnya tahun rahmat itu. Ternyata pembebasan total itu tiba dengan datangnya Kristus yang diurapi. Inilah datangnya Kerajaan Allah, karena Kristus artinya Raja Penyelamat yang diurapi.

Ketika Kerajaan Allah datang, manusia dapat dibebaskan total dari segala ikatan, tekanan, dan perbudakan kuasa kegelapan. Inilah misi kedatangan Yesus ke dalam dunia: menghancurkan semua pekerjaan Iblis yang memperbudak manusia (1 Yoh. 3:9). Semua pelayanan Yesus berfokus untuk membebaskan manusia dari ikatan dan perbudakan kuasa kegelapan. Kemudian, Yesus membangun Ekklesia-Nya yang melanjutkan pelayanan-pelayanan tersebut. Pelayanan-pelayanan tersebut adalah kunci-kunci kerajaan yang diberikan kepada Ekklesia-Nya untuk menerobos pintu gerbang kerajaan gelap dan dapat membebaskan manusia dari perbudakan kuasa gelap.

2019-10-17T12:17:21+07:00