//21/03/17 – Cawan dan baptisan Yesus

21/03/17 – Cawan dan baptisan Yesus

Selasa, 21/03/2017

CAWAN DAN BAPTISAN YESUS

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Markus 10:35-45

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1.  Yakobus dan Yohanes meminta kepada Yesus untuk mendapatkan posisi di sebelah kanan dan kiri Yesus bila Dia kelakdating kembali dalam kemuliaan. Dua hal pokok apakah yang dikemukakan oleh Yesus kepada mereka? (ay. 38)

2.  Menurut Anda, cawan dan baptisan apakah yang dimaksudkan oleh Yesus itu? (ay. 39)

3.  Karena kita dijadikan serupa seperti Kristus, apakah menurut Anda kita juga akan meminum cawan dan mengalami baptisan yang sama seperti Yesus?

 

PENGAJARAN:

Ketika Yakobus dan Yohanes datang kepada Yesus dan meminta kedudukan, Yesus memberikan pertanyaan yang sangat pribadi dan menyentuh, “Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?” Sama seperti kita, kedua murid ini pun langsung menjawab tanpa berpikir panjang tentang akibatnya, “Kami dapat.” Ternyata, Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa cawan yang dimaksud adalah penderitaan dan Ia pasti meminumnya. Lalu, Dia menjelaskan lagi bahwa diriNya juga akan dibaptis dengan baptisan yang harus dijalani, yakni mati disalib. Meski demikian, mereka belum memahami maksud Yesus sampai Yesus bangkit dari kematian dan menjelaskan arti baptisan yang Ia jalani kepada kedua murid lain di tengah jalan ke Emaus. Lukas mencatat percakapan Yesus dengan mereka, “Lalu Ia berkata kepada mereka: ‘Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?’”(Luk. 24:25-26). Yesus harus dibaptis dengan baptisan penderitaan ini agar masuk kembali ke dalam kemuliaan yang dimilikiNya sejak dulu sebelum dunia diciptakan. Sudahkah Anda dibaptis dengan baptisan penderitaan yang sama? Siapkah Anda sebagai murid Kristus bila harus meminum cawan dan dibaptis dalam penderitaan yang sama? Paulus berkata, “Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal,”(2 Kor 4:17-18).

2017-02-18T03:47:06+07:00