//21/03/18 – Tanggung jawab terhadap para janda (1)

21/03/18 – Tanggung jawab terhadap para janda (1)

Rabu, 21/03/2018

TANGGUNGJAWAB TERHADAP PARA JANDA (1)

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus
1 Timotius 5:3-8

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus
1. Apa yang harus kita lakukan terhadap para janda? Lalu, jika ia mempunyai anak atau cucu, apa yang harus dilakukan? (ay. 3-4)
2. Gaya hidup apakah yang bisa dilihat dari seseorang yang benar-benar janda? Peringatan apakah yang diberikan kepada janda yang hidup tidak sesuai ajaran sehat? (ay. 5-7)
3. Apa yang terjadi dengan orang yang tidak memelihara seisi rumahnya? (ay. 8)
Pengajaran
Di zaman gereja mula-mula, gaya hidup para janda sangat dihormati. Paulus menulis, “Hormatilah janda-janda yang benar-benar janda.” Para janda memiliki kerinduan untuk selalu hidup berkenan kepada Allah. Itu sebabnya, Rasul Paulus menjelaskan, “Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.” Paulus memberikan kesempatan kepada jemaat untuk berbakti kepada keluarganya sendiri (yang berstatus benar-benar janda). Selain itu, sebenarnya kita perlu meneladani gaya hidup dan sikap para janda. Dikatakan, “Sedangkan seorang janda yang benar-benar janda, yang ditinggalkan seorang diri, menaruh harapannya kepada Allah dan bertekun dalam permohonan dan doa siang malam.” Gaya hidup yang demikian mengandalkan Allah dan tekun berharap kepada Allah adalah teladan bagi kita.

2019-10-12T11:03:30+07:00