//21/12/13 – Multiplikasi pemimpin dalam jemaat lokal

21/12/13 – Multiplikasi pemimpin dalam jemaat lokal

Sabtu, 21 Desember 2013

MULTIPLIKASI PEMIMPIN DALAM JEMAAT LOKAL

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 14:21-28 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Setelah Paulus dan Barnabas memberitakan Injil di Derbe, apa hasil yang mereka peroleh? (ayat 21). Setelah kembali dari Derbe, hati siapakah yang dikuatkan oleh mereka di Listra dan Ikonium? (ayat 22).
2. Hal apakah yang dilakukan di tiap-tiap jemaat? (ayat 23)

Perhatikan dengan seksama, bahwa sebelum sebuah kumpulan orang-orang percaya dalam sebuah kota memiliki penatua-penatua, kumpulan itu belum disebut sebagai “jemaat,” tetapi hanya “murid-murid.” Itu sebabnya, begitu pentingnya penetapan penatua-penatua di dalam sebuah jemaat lokal. Penatua-penatua tersebut idealnya adalah bersifat jamak, bukan tunggal. Penatua-penatua itu berfungsi untuk menjadi model gaya hidup Allah Tritunggal kepada seluruh anggota jemaat. Jadi, tanpa penatua menjadi model, gaya hidup Allah Tritunggal tidak terimpartasi kepada seluruh anggota jemaat. Penatua-penatua tersebut tidak diangkat oleh Paulus dan Barnabas, tapi ditetapkan. Artinya, Allah yang memunculkan orang-orang tertentu yang bertumbuh dan berfungsi sebagai bapa-bapa rohani bagi jemaat lokal. Kemudian, rasul-rasul menetapkannya (mentahbiskannya). Rasul-rasul mendoakan, menumpangkan tangan, dan menyerahkan penatua-penatua kepada Tuhan yang adalah sumber kepercayaan mereka. Sejak saat itu, penatua-penatua tersebut mempunyai sumber yang tidak pernah habis, yang memberikan hikmat, pengurapan, kemampuan, dan sumber-sumber yang luar biasa.

Praktek
1. Bersyukurlah dengan penatua-penatua yang ditetapkan Tuhan dalam jemaat lokal kita. Berdoalah agar mereka berfungsi maksimal, menjadi model gaya hidup Allah Tritunggal ditengah-tengah jemaat.
2. Renungkan berulang-ulang Ibrani 13:17. Doakan agar ayat ini terjadi dalam hidup Anda.

2013-11-23T03:19:40+07:00