22/01/19

Selasa, 22/1/2019

  • Bacaan: Keluaran 14-16; Lukas 20-22
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Keluaran 15:1-21; Lukas 21:25-38

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Ini adalah nyanyian mazmur yang dinyanyikan oleh Musa dan bangsa Israel bersama-sama. Isi mazmur ini adalah tentang kedahsyatan Allah yang melepaskan bangsa Israel dari kuasa Firaun. Tujuan Allah membawa mereka keluar dari Mesir adalah supaya bangsa Israel masuk ke tempat kediaman-Nya. “Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus.” (Kel. 15:13). “Engkau membawa mereka dan Kaucangkokkan mereka di atas gunung milik-Mu sendiri; di tempat yang telah Kaubuat kediaman-Mu, ya Tuhan; di tempat kudus, yang didirikan tangan-Mu, ya Tuhan. Tuhan memerintah kekal selama-lamanya.” (Kel. 15:17-18). Orang Israel ingin membangun Rumah Tuhan, dan ini sesuai dengan maksud abadi Allah yang direncanakannya dalam kekekalan.

 

Renungan PB:

Ini adalah bagian akhir pengajaran Yesus tentang perlunya berjaga-jaga pada hari kedatangan-Nya yang kedua kali. Akan ada ketakutan yang luar biasa sebelum hari kedatangan Yesus, karena akan ada guncangan kosmik. Bulan, bintang, dan matahari akan guncang dan menyebabkan banyak bencana dan kematian. Namun, Yesus akan datang untuk menyelamatkan umatnya dari kehancuran akhir.

 

Bagaimanakah kita dapat luput dari hal itu? “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.” (Luk. 21:34, 36)

2019-10-12T10:03:28+07:00