//22/01/17 – Melipatgandakan penuai-penuai

22/01/17 – Melipatgandakan penuai-penuai

Minggu, 22/01/2017

MELIPATGANDAKAN PENUAI-PENUAI

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Matius 9:35-38

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Di sini kembali Matius menuliskan curriculum vitae Yesus. Temukan siapakah Yesus dan hal-hal apa yang dilakukan oleh Yesus? (ay. 35)

2. Apa yang terjadi pada Yesus? Mengapa? (ay. 36)

3. Menurut Yesus,apa akar dari permasalahan tuaian dan apa jalan keluarnya? (ay.37-38)

 

PENGAJARAN:

Yesus memanggil murid-murid menjadi PEMAGANG. Yesus harus terlebih dahulu mendemonstrasikan kepada murid-murid bagaimana menjadi PENJALA MANUSIA. Di dalam ay. 35, Matius menuliskan curriculum vitae Yesus.Siapa Yesus dan apa yang dilakukan oleh Yesus sebagai PENJALA MANUSIA? Yesus menjala manusia dengan melakukan empat hal:

1. Mengajar Kerajaan Allah

2. Memberitakan injil Kerajaan Allah

3. Menyembuhkan segala penyakit

4. Mengusir (roh) kelemahan.

Kemudian, ketika Yesus melihat ke sekelilingnya, tergeraklah Yesus oleh belas kasihan.Karena Ia melihat bahwa mereka seperti domba terlantar yang tidak bergembala. Lalu Yesus berkata pula bahwa, “Tuaian banyak, tetapi PENUAI-PENUAINYA SEDIKIT.” Jadi, permasalahan penuaian bukan pada kondisi tuaiannya, tetapi pada penuai-penuainya.

Seberapa sedikitkah penuai-penuainya? Penuainya barulahSATU yaitu Yesus sendiri. Kemudian,Dia menyatakan solusinya? Solusinya adalah “BERDOA KEPADA YANG EMPUNYA TUAIAN, AGAR IA MENGUTUS PENUAI-PENUAINYA KE LADANG TUAIAN.” Jadi, yang sangat diperlukan adalah multiplikasi penuai-penuai.

Sejak itulah Yesus memberi kesempatan kepada PEMAGANGNYA, untuk mencontoh DiriNya menjadi PENJALA MANUSIA.Dengan demikian, kita sebagai pemagangNya dapat melakukkan apa yang telah Dia lakukan. Karena itu, kita melihat dalam pasal berikutnya Yesus mengutus murid-muridNya untuk melakukan apa yang telah Dia lakukan.

 

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:24:02+07:00