//22/02/17 – Diutus dan diurapi untuk pekerjaan yang sama

22/02/17 – Diutus dan diurapi untuk pekerjaan yang sama

Rabu, 22/02/2017

DIUTUS DAN DIURAPI UNTUK PEKERJAAN YANG SAMA


M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Yohanes 14:10-13

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Bagaimanakah hubungan Yesus dengan Bapa? Bagaimanakah caranya Yesus melakukan pekerjaan Bapa? (ay. 10)

2. Apa yang harus kita percayai? Jika kita tidak percaya pada hal itu, setidak-tidaknya apa yang seharusnya kita percayai? (ay. 11)

3. Apa yang Yesus katakan tentang orang-orang yang percaya kepadanya? Mengapa hal tersebut dapat terjadi? (ay. 12-13)

 

PENGAJARAN:

Ternyata, Yesus tidak melakukan pekerjaan Bapa dengan kekuatanNya sendiri. Yesus berkata bahwa sebenarnya Bapalah yang melakukan pekerjaanNya melalui Dia. Pekerjaan-pekerjaan Bapa adalah pekerjaan yang dinyatakan pada waktu Yesus diurapi dalam Lukas 4:18-19. Ini adalah pekerjaan yang tujuan utamanya untuk melepaskan manusia dari ikatan dan perbudakan kuasa kegelapan. Yesus berkata bahwa Dia diutus oleh Bapa dan diurapi untuk melakukan pelayanan pembebasan. Yesus adalah Rasul (utusan) yang diutus dari Kerajaan Surga untuk menghancurkan kuasa kerajaan gelap dan membebaskan manusia dari kerajaan gelap, sehingga manusia dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Namun, Yesus tidak mau melakukan pelayanan pembebasan itu sendirian. Tetapi, Ia memanggil ke-12 muridNya dan melatih mereka serta mengutus mereka (berdua-dua) sebagai rasul-rasul (apostolos = utusan-utusan) demi melakukan pelayanan yang sama. Setelah itu, Yesus memanggil ke-70 murid yang lain dan melatih mereka serta mengutus mereka (berdua-dua) untuk melakukan yang sama. Mereka bukan para Rasul, tetapi mereka juga diutus untuk melakukan pekerjaan kerasulan. Akhirnya, setelah Yesus pergi kepada Bapa, yaitu setelah Yesus bangkit, naik, dan duduk di sebelah kanan Bapa, Roh Kudus dicurahkan.

Roh Kudus dicurahkan untuk membentuk Tubuh Kristus. Di sinilah janji Tuhan bagi orang-orang percaya digenapi. Mereka (Tubuh Kristus) akan melakukan pekerjaan-pekerjaan Yesus, bahkan pekerjaan yang lebih besar. Ayat 12 ini bukan janji untuk orang percaya secara pribadi, tetapi orang-orang percaya secara korporat (Tubuh Kristus). Mengapa? Sebab tidaklah mungkin secara pribadi kita dapat melakukan apa yang Yesus lakukan. Secara pribadi kita tidak mungkin mempunyai semua karunia yang dimiliki Kristus, namun secara kolektif, kita sebagai tubuh Kristus dapat memiliki semua karunia seperti yang Yesus miliki waktu Dia melayani. Jadi, secara korporat kita melakukan apa yang dulu Yesus lakukan. Bahkan kita dapat melakukan yang lebih besar. Mengapa? Bayangkan kalau setiap komunitas sel menghidupi gaya hidup tubuh Kristus, berarti ada banyak Kristus korporat yang bekerja di kota kita. Misalnya, kalau ada 100 komunitas sel di kota kita menghidupi gaya hidup tubuh Kristus, berarti ada 100 Kristus korporat di kota kita. Nah kalau ada 100 Kristus korporat yang aktif melayani, tentu pekerjaannya lebih besar dari pekerjaan satu Kristus pada waktu itu. Karena itu, Alkitab bahasa Inggris versi New International Version(NIV) telah mengganti kata ganti ia (he) menjadi mereka (they). “Very truly I tell you, whoever believes in me will do the works I have been doing, and they will do even greater things than these, because I am going to the Father,”(NIV). Jadi, tubuh Kristus (Kristus Korporat)lah yang melakukan pekerjaan-pekerjaan Kristus, bahkan pekerjaan yang lebih besar.

2019-10-17T12:17:14+07:00