//22/08/12 – Menghormati sesama melalui perkataan dan hikmat

22/08/12 – Menghormati sesama melalui perkataan dan hikmat

Rabu, 22/08/2012

MENGHORMATI SESAMA MELALUI PERKATAAN DAN HIKMAT

Bacaan Firman :
Bacalah Kolose 4:5-6; 2 Timotius 2:24-26 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan
1. Bagaimanakah caranya kita menunjukkan gaya hidup yang benar kepada orang-orang yang belum percaya? (Kolose 4:5-6).
2. Mengapa kita harus bersikap ramah, sabar dan lemah lembut kepada sesama? (2 Tim 2:25b-26).

Salah satu perintah Tuhan dalam Alkitab adalah kita harus saling menghormati satu dengan yang lain, tanpa membedakan status atau pun jenis kelamin. Sikap “hormat atau menghargai” juga tidak dilakukan hanya dalam kondisi tertentu saja, melainkan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari sampai itu menjadi gaya hidup. Kadang-kadang kita hidup di tengah-tengah lingkungan orang-orang yang belum percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruslamat. Mereka mungkin ada di sekitar kita, seperti: atasan atau bawahan, keluarga atau teman baik kita. Mereka membutuhkan keselamatan dari Yesus. Karena itu, kita sebagai orang Kristen, sepatutnya memberi teladan kepada mereka lewat kesaksian hidup kita. Kolose 4:5 dalam terjemahan Inggrisnya berkata, “Behave Wisely,” yaitu bertingkah laku dengan hikmat. Bertingkah laku dengan hikmat adalah perkataan kita yang penuh dengan kasih. Hal ini menunjukkan bahwa kita bisa memberikan teladan yang baik lewat tingkah laku dan tutur kata kita. Dengan demikian, orang yang belum percaya bisa melihat buahnya dan menjadi bertobat. Orang dunia mungkin tidak mengenal kasih karunia atau prinsip keselamatan, tetapi mereka dapat mengenal etika dan moralitas yang benar lewat gaya hidup kita ketika kita saling menghormati. Itu adalah pelajaran terpenting di dalam pendidikan etika dimana kita bisa menghormati orang lain di dalam tutur kata, sopan santun dan tingkah laku kita. Etika ini berasal dari Firman Tuhan. Oleh karena itu, kita sebagai orang Kristen dituntut untuk mentaati Firman Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Praktek
Evaluasilah hari ini, bagaimana tingkah laku dan tutur kata kita selama ini? Apakah tingkah laku dan tutur kata kita menunjukkan bahwa kita menaruh hormat pada sesama? Tuliskanlah komitmen Anda sesuai dengan renungan Firman hari ini.

2012-07-25T08:29:58+00:00