//22/09/12 – Bukti kesetiaan adalah hati yang rela dipimpin

22/09/12 – Bukti kesetiaan adalah hati yang rela dipimpin

Sabtu, 22/09/2012

BUKTI KESETIAAN ADALAH HATI YANG RELA DIPIMPIN

Bacaan Firman :
Bacalah Rut 3:1-18 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini

Pertanyaan Renungan
1. Apa perintah Naomi pada Rut? (ayat 1-4). Apa respon Rut? (ayat 5-6).
2. Apakah Anda suka menunda-nunda untuk mentaati perintah Tuhan?

“Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan,” kata Rut kepada Naomi. Ia tidak berdalih atau berusaha untuk menunda-nunda, apalagi harus mendekati Boas yang adalah majikannya yang sedang tidur di timbunan jelai. Bukti kesetiaan adalah hati yang rela untuk dipimpin. Rut taat dan rela melakukannya.

Ada 3 hal yang kita bisa pelajari dari respon Rut. (1). Apa artinya “segala” pada ucapan Rut kepada Naomi? “Segala” berarti seluruhnya, tidak setengah-setengah atau sebagian. Rut tidak milih-milih, mana yang enak dan cocok bagi dirinya untuk dilakukan. (2). Rut tidak berbantah-bantahan dengan Naomi. Ia tidak mengajukan banyak pertanyaan yang membuat dirinya kuatir bila hal itu yang mungkin terjadi. (3). Rut tidak menunda-nunda untuk taat dengan berbagai macam alasan. Penundaan berarti tidak taat.

Apa rahasia Rut untuk bisa memiliki respon seperti itu? Ia memiliki kerelaan hati untuk dipimpin sesuai dengan arahan otoritas. Rut percaya kepada Naomi bahwa Naomi pasti memikirkan hal yang baik bagi dirinya di masa depan. Kita bisa menjadi pribadi yang mudah untuk taat, bila kita percaya sepenuhnya kepada pimpinan Tuhan. Kita harus percaya bahwa apa yang diperintahkan oleh Tuhan pasti baik hasilnya. Bagaimana dengan respon Anda?

Praktek
Evaluasilah diri Anda hari ini, bagaimana respon Anda terhadap perintah Tuhan, otoritas, orang tua, atau pimpinan Anda? Apakah Anda memiliki 3 hal yang menjadi respon hati Rut ketika Naomi member perintah kepadanya? Bagikan rhema yang Anda dapat dengan teman-teman komsel.

2019-09-26T22:25:28+00:00