//22/12/12 – Sesuatu pasti terjadi ketika Tuhan hadir

22/12/12 – Sesuatu pasti terjadi ketika Tuhan hadir

Sabtu, 22/12/2012

SESUATU PASTI TERJADI KETIKA TUHAN HADIR

Bacaan Firman :
Bacalah Kisah Para Rasul 4:23-31 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Ketika terjepit, apa permintaan jemaat Tuhan dalam doa mereka? (ayat 29-30).
2. Apa yang terjadi ketika Tuhan hadir? (ayat 31).

Banyak orang berkata bahwa penindasan dan penderitaan adalah alat yang paling efektif untuk membuat umat Tuhan berdoa. Sebab ketika umat Tuhan berdoa, mereka mengundang Tuhan secara resmi untuk segera hadir dalam pertemuan mereka. Biasanya, permintaan resmi seperti ini tidak akan pernah ditolak atau diabaikan oleh Tuhan. Hal ini dapat kita temukan dalam renungan Saat Teduh kita hari ini. Jemaat mula-mula yang baru berdiri beberapa hari setelah pentakosta justru mengalami penindasan oleh pihak penguasa dan orang-orang Yahudi. Para pengancam ini berkata, “Tindakan apakah yang harus kita ambil terhadap orang-orang ini? Sebab telah nyata kepada semua penduduk Yerusalem, bahwa mereka telah mengadakan suatu mujizat yang menyolok dan kita tidak dapat menyangkalnya. Tetapi supaya hal itu jangan makin luas tersiar di antara orang banyak, baiklah kita mengancam dan melarang mereka, supaya mereka jangan berbicara lagi dengan siapapun dalam nama itu,”(Kisah Para Rasul 4:16-17). Apa yang akan Anda lakukan bila berada dalam situasi yang sama? Reaksi dari gereja mula-mula berbeda dari kita. Dalam keadaan terjepit ini, mereka membuat undangan resmi kepada Tuhan lewat doa, “Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu. Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus,”(ayat 29-30). Tidak ada tawar-menawar dengan Tuhan. Jawaban datang. “Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani,”(ayat 31). Sesuatu langsung terjadi ketika Tuhan hadir. Rindukah Anda untuk mengalami pengalaman yang sama? Lakukanlah sekarang.

Praktek
Evaluasi diri Anda: sudahkah Anda berdoa dengan sungguh-sungguh untuk mengalami mukjizat dari Tuhan? Apa komitmen Anda untuk dilakukan?

2019-09-27T07:41:19+00:00