23/01/19

Rabu, 23/1/2019

  • Bacaan: Keluaran 17-19; Lukas 23-24; Yohanes 1
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Keluaran 19:1-15; Yohanes 1:1-14

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Setelah tiba di kaki Gunung Sinai dan berkemah di sana, Musa pun naik berjumpa dengan Allah. Allah berfirman bahwa kalau bangsa Israel mendengar dan melakukan semua perintah Tuhan, bangsa Israel akan menjadi harta kesayangan bagi Tuhan dan menjadi Kerajaan Imam. Artinya, semua orang Israel akan menjadi imam-imam yang berkerajaan. Inilah visi Tuhan untuk semua orang percaya. Semua orang percaya adalah imam yang harus berfungsi untuk melayani Tuhan dan sesama.

 

Renungan PB:

Yohanes memulai kitab Injil catatannya dengan menyatakan bahwa Yesus adalah Firman Allah yang bersama-sama dengan Allah. Jelas sekali Yesus adalah Allah. Mengapa? Karena Firman dan Bapa ada bersama-sama dari kekal sampai kekal. Yesus bukanlah ciptaan (seperti ajaran sebagian bidat), tetapi Yesus adalah Pencipta yang menciptakan segala sesuatu. Firman yang adalah Allah itu sendiri kemudian menjelma menjadi manusia dan berdiam di antara manusia. Inilah penggenapan maksud abadi Allah; Sang Firman Allah sendiri datang untuk menjelma, mati di kayu salib, dan berdiam di dalam dan di antara kita.

2019-10-12T10:03:20+07:00