23/05/19

Kamis, 23/5/2019

  • Bacaan: Ester 1-3; Yohanes 7-8
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL: Ester 1:1-22

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini di hadirat Tuhan!
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi). Pelajari dan catatlah hal-hal yang didapatkan dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah hasil perenungan pribadi Anda hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4 yang akan Anda lakukan.

 

Renungan PL:

Kita bersyukur bisa membaca renungan hari ini dari kitab Ester, yang menjelaskan pentingnya tunduk kepada otoritas yang telah Allah tempatkan bagi kita. Seperti kata Petrus, “Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi,” (1 Ptr. 2:13). Dalam kisah yang kita baca hari ini, Ahasyweros-lah otoritas yang duduk di atas takhta, maka perintah yang dikeluarkannya harus dijunjung tinggi dan ditaati. Karena itulah, sekalipun Ratu Wasti ialah istri raja yang berkuasa, ia pun harus tunduk kepada suaminya sebagai istri. Akibat yang diterima Ratu Wasti ketika ia tidak tunduk kepada otoritas suami cukup fatal; ia digantikan oleh Ester menjadi ratu. Penundukan diri kepada otoritas ini bukan saja wajib kepada Tuhan atau raja, tetapi juga pemimpin di setiap tingkat, tuan, orang tua, atau suami, serta semua otoritas yang telah Allah tempatkan dalam hidup kita.

2019-10-12T09:31:29+07:00