//23/01/14 – Bagaimana membiayai para pelayan menurut Alkitab?

23/01/14 – Bagaimana membiayai para pelayan menurut Alkitab?

Kamis, 23 Januari 2014

BAGAIMANA MEMBIAYAI PARA PELAYAN MENURUT ALKITAB?

Bacaan Firman
Bacalah 1 Korintus 9:1-16; Bilangan 18:21-28 dengan berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Bagaimana membiaya para penatua dan staf lokal?
2. Bagaimana membiayai pelayanan 5 Jawatan?

Pola Alkitabiah untuk mendukung para pelayan dalam Tubuh Kristus, yaitu staf jemaat lokal dan staf pelayan Tubuh Kristus sudah lama diabaikan dan dicuri oleh Iblis dari gereja. Ini masanya untuk pemulihan segala sesuatu. Bagaimana cara prinsip Firman Tuhan dipraktekkan dalam Tubuh Kristus masa kini? Pertama, lihatlah contoh dari Perjanjian Lama sebagai awal pembahasan prinsip ini. Di bangsa Israel, ada dua lapis pelayanan yang didukung dari pola perpuluhan bangsa Israel. Yang pertama adalah suku Lewi, suku pelayan yang full-time, yang didukung oleh persepuluhan dari seluruh bangsa Israel. Kedua, suku Lewi membayar persepuluhan juga dan dana tersebut menghidupkan pelayanan para Imam (Harun dan empat anaknya sebagai gambaran Lima Jawatan). Prinsip ini juga diteguhkan dalam Perjanjian Baru. Rasul Paulus mengambil prinsip dari Perjanjian Lama dari 1 Korintus 9 dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan para pelayan dalam Perjanjian Baru. Di situ kita melihat aturan Tuhan di mana para pelayan di tempat suci (suku Lewi) hidup dari persepuluhan jemaat dan mereka yang melayani mezbah (para imam) hidup dari persepuluhan dari persepuluhan itu. Jadi masa kini – aplikasinya adalah para penatua dan staf lokal dihidupkan dari perpuluhan dan persembahan jemaat lokal dan perpuluhan dari perpuluhan dan persembahan jemaat lokal diberikan kepada 5 Jawatan (ATM – Apostolic Team Ministry) agar para pelayan ini boleh melayani seluruh Tubuh Kristus sebagai equipper yang melengkapi semua orang percaya.

Praktek
Coba duduk dengan teman one on one dan diskusikan prinsip dukungan para pelayan secara Alkitab dan lihat bagaimana dana itu dipakai untuk membangun pelayanan lokal dalam jemaat dan dalam mendukung pelayanan Tubuh Kristus lewat 5 Jawatan. Kesetiaan Anda menjadi saluran berkat yang jauh lebih luas dari tempat lokal. Anda sedang mensupport staf jemaat lokal lewat perpuluhan dan persembahanmu dan perpuluhan dari dana itu membebaskan para rasul, nabi, pengajar, gembala dan penginjil melaksanakan tugasnya. Ambil waktu untuk bersyukur bahwa Anda terlibat dalam suatu pemulihan kebenaran yang sangat penting dalam pembangunan Tubuh Kristus.

2019-10-07T16:36:26+07:00