//23/02/17 – Komunitas Sepakat

23/02/17 – Komunitas Sepakat

Kamis, 23/02/2017

KOMUNITAS SEPAKAT


M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

Pengkhotbah 4:7-12

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Apakah yang Pengkhotbah katakan tentang orang yang sendirian (independen)? Bagaimanakah keadaan hidup orang yang demikian? (ay. 7-8)

2. Jika sendirian itu tidak baik, apa yang Pengkhotbah katakan tentang berdua? Temukan mengapa berdua itu lebih baik dari pada sendirian.

a. Ay. 9

b. Ay. 10

c. Ay. 11

3. Bila berdua lebih baik dari seorang, lalu apakah kata Pengkhotbah tentang “tiga lembar” tali? (ay. 12)

 

PENGAJARAN:

Orang yang sendirian di sini bukan sekadar berbicara tentang orang yang hidup sendiri, tetapi tentang orang yang independen, yang tidak mau membangun hubungan. Orang hanya akan puas dan berbahagia bila ia memberi untuk anak-anak jasmani atau rohaninya. Oleh karena itulah, Pengkhotbah berkata bahwa berdua itu lebih baik dari pada sendiri. Berdua dapat berbuah lebih banyak dari pada sendirian. Berdua lebih aman dari sendirian. Berdua lebih terjadi saling transfer energi rohani dari sendirian.

Lalu, Pengkhotbah menuju puncaknya saat menuliskan pernyataan berikutnya: “Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan,”(ay. 12). Di sini dimulai dari seorang, kepada dua orang, dan kepada tiga orang yang digambarkan dengan “tali tiga lembar” Nah, tiga orang yang dimaksud bukan sekadar jumlah tiga, tetapi diilustrasikan sebagai “tali tiga lembar”. Apakah tali tiga lembar itu? Itulah tiga tali yang dipilin bersama. Ini bukan hanya tiga orang yang berkumpul bersama, tetapi yang bersinergi dan bersepakat bersama. Teman saya adalah seorang pembuat tali, yang bercerita bahwa bila kita membuat tiga tali dengan jumlah volume serat yang sama: tali dengan dua pilinan, tali dengan tiga pilinan, dan tali dengan empat pilinan. Lalu kemudian ditarik dengan beban yang sama, yang semakin besar. Pertanyaannya, tali manakah yang putus terlebih dahulu? Jawabannya, tali yang terdiri dengan dua dan empat pilinan akan putus terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan tiga pilinan terjadi sinergi yang paling sempurna, sehingga kekuatan tali meningkat. Inilah prinsip sinergi. Inilah gambaran komunitas sepakat yang “dipilin” oleh Tuhan yang berdiam di tengah-tengah mereka sebagai Raja.

2019-10-17T12:17:09+07:00