//23/01/16 – Penuai-penuai diutus

23/01/16 – Penuai-penuai diutus

Senin, 23/01/2017

PENUAI-PENUAI DIUTUS

 

M1 – Membaca Firman di Hadirat Kristus

MATIUS 10:1-15

 

M2 – Merenungkan Firman di Hadirat Kristus

1. Dalam ayat-ayat ini, kita melihat bahwa ini adalah hasil doa Yesus kepada Bapa agar Dia mengutus penuai-penuai (penjala-penjala manusia),demi menuai tuaian yang telah siap dituai. Apa yang diberikan Yesus kepada murid-murid waktu Dia mengutus merekaberdua-dua (ay. 1)? Tuliskan nama-nama keenam kompak (kelompok dua orang) yang dibentuk oleh Yesus (ay. 2-4)?

2. Kemanakah Yesus mengutus ke-12 murid? Siapakah target penjangkauan mereka? (ay. 5-7). Apakah perintah Yesus kepada mereka sewaktu mereka pergi? (ay. 8)

3. Apakah petunjuk-petunjuk yang diberikan Yesus kepada mereka? (ay. 9-15). Siapakah yang harus mereka ketemukan di tempat yang mereka kunjungi? (ay. 11-14)

 

PENGAJARAN:

Saat itu, tibalah waktunya Yesus mempercayakan kepada PEMAGANGNYA untuk melakukan apa yang Dia lakukan. Karena itu, Dia memberikan kepada mereka kuasa untuk mengusir setan dan menyembuhkan segala penyakit. Kita tidak akan pernah mengalami dahsyatnya kuasa Kerajaan Allah, yang menyembuhkan dan melepaskan orang dari kuasa kegelapan, kecuali jika kita PERGI DIUTUSuntuk melakukan apa yang Yesus lakukan.

Lalu, bagaimanakah cara Yesus mengutus ke-12 murid? Ia mengutus mereka berdua-dua dalam bentuk kompak. Ada enam kompak yang diutus oleh Yesus. Kompak 1: Simon dan Andreas; Kompak 2: Yakobus dan Yohanes; Kompak 3: Filipus dan Bartolomeus; Kompak 4: Thomas dan Matius; Kompak 5: Yakobus (anak Alpeus) dan Tadeus; Kompak 6: Simon (orang kanaan) dan Yudas Iskariot.Ini adalah pola pemuridan yang Yesus terapkan kepada murid-muridnya.

Murid-murid Yesus bahkan tidak disuruhuntuk “mendoakan orang sakit”,tetapi mereka diperintahkan untuk “memberi dengan cuma-cuma apa yang telah mereka terima dengan cuma-cuma”. Banyak petunjuk yang diberikan oleh Yesus pada mereka, tetapi yang paling utama adalah bahwa mereka harus menemukan ORANG YANG LAYAK MENERIMA SALAM MEREKA. Siapakah orang-orang ini? Mereka adalah ORANG-ORANG DAMAI yang telah dipersiapkan oleh Tuhan diladang misi untuk menjadi PENJALA-PENJALA MANUSIA BERIKUTNYA. Mereka harus ditemukan,dimuridkan, dan diutus untuk melakukan hal yang sama. Jadi, marilah kita mencontoh pola pemuridan Yesus yang sangat efektif.

 

 

M3 – Mendengar dan melakukan firman Kristus

M4 – Membagikan firman Kristus

2019-10-17T12:23:57+07:00