//23/11/13 – Saling meniru perilaku yang negatif

23/11/13 – Saling meniru perilaku yang negatif

Sabtu, 23 November 2013

SALING MENIRU PERILAKU YANG NEGATIF

Bacaan Firman
Bacalah Lukas 6:37-38 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Prinsip (hukum) apakah yang terjadi bila kita menghakimi / menghukum? Apa yang terjadi bila kita mengampuni? (ayat 37).

2. Prinsip (hukum) apakah yang terjadi bila kita memberikan perbuatan yang baik? (ayat 38).

Ada prinsip atau hukum yang terjadi jika kita melakukan perbuatan-perbuatan negatif seperti menghakimi, menghukum, memfitnah, menggosip, dsb. Prinsip atau hukum yang terjadi adalah hukum “saling” yang negatif. Terjadi balas-membalas. Bila dihakimi, kita cenderung membalas menghakimi. Bila digossipkan, kita cenderung menggosipkan. Bila diperlakukan dengan keras, kita cenderung memperlakukan orang lain dengan keras. Ini adalah sebuah hukum. Hukum adalah sebuah kecenderungan yang berlaku tetap, dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Hukum tidak memandang bulu. Dalam 10 tahun terakhir, salah satu penemuan yang paling berharga dalam ilmu mengenai otak adalah adanya sel-sel cermin (peniru) pada otak. Perlakuan apa saja yang dialami dan disaksikan oleh seseorang, maka cenderung ia tiru. Ketika seseorang sering dihakimi, maka sel-sel peniru di otaknya mulai meniru perlakuan tersebut, kemudian menyimpan memori itu di pikiran bawah sadarnya. Suatu saat, ketika ada pemicu, maka iapun menghakimi orang yang menghakiminya tadi. Kecenderungan ini hanya dapat dihentikan bila ada perubahan yang radikal di pikiran bawah sadar kita. Oleh karena itu, marilah kita menggunakan sel peniru (cermin) bukan untuk saling menghakimi, menggosip, memfitnah, atau menyakiti, tetapi untuk saling mengasihi di dalam Tuhan. Rindukah Anda menghentikan sel peniru yang negatif dan menggantinya dengan yang positif? Lakukanlah sekarang di mana pun Anda berada.

Praktek Firman Tuhan
1. Temukan dan diskusikan kecenderungan-kecenderungan negatif yang ada dalam diri Anda, seperti: gosip, kata-kata kasar, penghinaan, menjelek-jelekkan orang. Lakukan pembaharuan pikiran.
2. Menanam firman: Renungkan dan perkatakanlah Matius 7:12 secara berulang-ulang.

2013-10-23T03:57:00+07:00