//23/12/13 – Diutus untuk mempersatukan

23/12/13 – Diutus untuk mempersatukan

Senin, 23 Desember 2013

DIUTUS UNTUK MEMPERSATUKAN

Bacaan Firman
Bacalah Yohanes 17:18, 21-23 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Sama seperti apakah Kristus mengutus murid-muridNya ke dalam dunia? (ayat 18). Apakah hasil karya Kristus atas murid-muridNya? (ayat 21).
2. Hal apakah yang telah diberikan Kristus kepada murid-muridNya, agar misi kedatanganNya tercapai? (ayat 22-23)

Kristus datang ke dunia karena diutus oleh Bapa. Misi kedatanganNya adalah agar kita sebagai murid-muridNya dibangun menjadi komunitas-komunitas kesatuan yang sama seperti Allah Tritunggal. Marilah kita melihat 4 dimensi kesatuan yang dibangun oleh Kristus dalam kehidupan murid-muridNya.

1. Kesatuan jemaat universal.
Inilah kumpulan semua orang percaya di seluruh dunia, dari berbagai suku, bangsa, bahasa, kaum, dan kelompok, namun semuanya adalah satu tubuh atau satu gereja universal. Gereja (jemaat) universal bersifat mistik (kesatuannya tidak dapat dilihat dengan mata).

2. Kesatuan jemaat lokal (sekota).
Inilah kumpulan jemaat sekota. Menurut Alkitab, hanya ada satu jemaat lokal di tiap kota. Seluruh jemaat sekota tidak harus berkumpul bersama di satu tempat, di waktu yang sama, dan beribadah bersama. Yang harus bersatu dan berkumpul adalah pemimpin-pemimpinnya (penatua-penatua).

3. Kesatuan jemaat dasar (komsel).
Dalam jemaat dasarlah orang-orang percaya harus bersatu dan berkumpul secara rutin tiap minggu. Inilah tempat orang-orang percaya berinteraksi untuk mempraktekkan gaya hidup saling tinggal dan saling mengasihi, seperti Allah Tritunggal.

4. Kesatuan dalam diri setiap murid.
Setiap murid Kristus harus dibangun agar setiap unsur-unsur kehidupannya (roh, jiwa, akal budi, tubuh, dan hubungan sosial) dibangun menjadi utuh dan bersatu.

Praktek
1. Sudahkah kehidupan pribadi Anda dibangun menjadi pribadi yang utuh serupa Kristus? Apakah Anda sudah terlibat dalam kesatuan setiap dimensi di atas? Praktekkanlah.
2. Renungkan berulang-ulang Yohanes 17:18. Doakanlah agar ayat ini terjadi dalam hidup Anda.

2013-11-23T03:22:16+07:00