24/01/19

Kamis, 24/1/2019

  • Bacaan: Keluaran 20-22; Yohanes 2-4
  • Bacalah pasal-pasal ini di dalam hadirat Kristus; mintalah tuntunan Roh Kudus agar kita dapat mengerti gambar besar dari isi pasal-pasal yang dibaca.

 

Pendalaman PL dan PB: Keluaran 20:1-17; Yohanes 3:13-25

  1. Bacalah beberapa kali perikop ini.
  2. Lakukan langkah M1 dan M2 (baca bagian PETUNJUK 4 LANGKAH BELAJAR ALKITAB/4M di awal materi renungan ini). Belajarlah dan catatlah hal-hal yang didapat dari kedua langkah itu.
  3. Catatlah renungan pribadi hari ini dan buatlah rencana M3 dan M4.

 

Renungan PL:

Inilah kesepuluh perintah Allah yang diberikan kepada Musa untuk umat-Nya. Inti dari sepuluh perintah Allah adalah mengasihi Allah (perintah 1-4) dan mengasihi sesama (perintah 5-10). Kesepuluh perintah Tuhan adalah konstitusi Kerajaan Allah, dasar dari kehidupan moral manusia yang diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Melalui kesepuluh perintah Allah inilah, Allah mewahyukan siapa diri-Nya dan apa/bagaimana hubungan-Nya dengan umatNya. Allah adalah YHVH (Yehovah) yang menyelamatkan orang Israel dari Mesir negeri perbudakan. Allah adalah Allah yang membuat perjanjian dengan umat-Nya.

 

Renungan PB:

Nikodemus datang mencari Yesus dan Yesus mengajar Nikodemus bahwa satu-satunya cara untuk melihat dan masuk ke dalam Kerajaan Allah adalah dengan proses kelahiran baru. Nikodemus tidak mengerti hal-hal tersebut karena ia belum lahir baru. Lalu Yesus menerangkan kepada Nikodemus melalui ilustrasi; seperti Nabi Musa meninggikan ular demikianlah Anak manusia ditinggikan (disalib). Bila Yesus ditinggikan, Ia akan menarik semua orang kepada-Nya.

2019-10-12T10:03:15+07:00