//24/01/14 – 3 Sidang Jemaat Teladan

24/01/14 – 3 Sidang Jemaat Teladan

Jumat, 24 Januari 2014

3 SIDANG JEMAAT TELADAN – 1. YERUSALEM

Bacaan Firman
Bacalah Kisah Para Rasul 1:8; 2:1-5; 2:41-47; 6:1-7; 15:6; 21:17-18 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan
1. Apa ciri-ciri Sidang Jemaat Yerusalem?
2. Perkembangan apa yang terjadi dalam kepemimpinan jemaat Yerusalem?

Jemaat Yerusalem didirikan atas dasar menjadi gereja kesaksian. Yesus berkata bahwa mereka dipanggil menjadi saksi-Nya. Jadi, dari awalnya sidang jemaat ini menjadi teladan tentang kuasa Tuhan yang ada di dalam setiap orang percaya. Dari hari pertama, ada 3000 jiwa bertobat dan dibaptis. Ternyata, mereka semua mencintai persekutuan, pemberitaan Firman, doa bersama dan kesaksian kepada teman-teman. Dengan demikian, jemaat menjadi kantong kulit yang baru dan air anggur baru. Semuanya segar dan sukacitanya besar. Pertama, kepemimpinannya adalah 12 rasul, tetapi mereka mulai membina calon pemimpin lain hingga selain para rasul, ada para penatua juga yang siap memimpin. Akhirnya, pada waktu Paulus berkunjung ke Yerusalem, tidak ada lagi rasul yang tinggal di Yerusalem, karena mereka keluar melakukan pelayanan sebagai tim-tim apostolik. Yang ada di Yerusalem adalah para penatua yang berkumpul di rumah Yakobus, adik Yesus. Inilah teladan yang kita ingin ikuti. Kita ingin gereja kita menjadi gereja kesaksian yang memiliki kuasa dan urapan Roh Kudus, yang menyaksikan mujizat dan kesembuhan. Dalam pertumbuhan, kita harus mendewasakan para penatua dan membebaskan tim-tim apostolik. Inilah kantong kulit baru. Inilah air anggur baru. Kalau kita tidak mengikuti proses ini, kita akan menjadi kantong kulit tua dan segalanya menjadi kering, membosankan, dan kehilangan sukacita dan kuasa, bahkan kesaksian kita tidak ada lagi. Jiwa baru tidak ada lagi.

Praktek
Praktekkan kehidupan sebagai gereja kesaksian. Minggu ini pilih seseorang yang kamu kenal yang belum bertobat dan mulai mendoakan dia. Jangan lupa membuat persiapan doa sebelum Anda bersaksi. Lalu, pada hari Rabu depan, setelah persiapan doa, ketemu dan bersaksi kepada teman tentang kebaikan Tuhan di dalam hidupmu. Percayalah, Allah akan melakukan perkara yang ajaib!

2013-12-17T04:33:07+07:00